WTC Surabaya Manjakan Pengguna Mobil Listrik

WTC Surabaya Manjakan Pengguna Mobil Listrik

PLN UID Jatim merealisasikan janjinya untuk menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Surabaya. Fasilitas itu sudah terpasang di WTC e-Mall kemarin (11/2). Peresmiannya dilakukan akhir bulan ini.

Kini ada empat SPKLU di Surabaya. Selain di WTC, PLN juga punya SPKLU di Jalan dr Soetomo, Jalan Embong Wungu, dan PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) Ketintang. ”Mal lain yang ingin mengajukan pola kerja sama SPKLU-nya boleh mengajukan,” ujar Fintje kemarin.

Mal memang menjadi salah satu sasaran PLN untuk menempatkan SPKLU-nya. Konsepnya, pengunjung mengisi daya mobil listrik saat jalan-jalan ke mal. Satu unit SPKLU berdaya 50 kiloWatt mampu mengisi energi mobil listrik dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam. Satu unit bisa mengisi tiga mobil listrik sekaligus.

Sedangkan SPKLU super fast charging dengan kapasitas 150 kiloWatt cuma butuh waktu 20 menit. Fasilitas itu tersedia di halaman kantor PLN Unit Induk Distribusi UID Jakarta Raya yang berlokasi di Gambir, Jakarta Pusat.

SKPLU yang ada di WTC sebenarnya akan dipasang di Bandara Internasional Juanda. Setelah dievaluasi, lokasinya ternyata tidak cocok. Selain terlalu jauh dari pusat kota, jarang ada mobil listrik yang mampir ke Juanda.

COLOKAN charger mobil listrik di SPKLU WTC Surabaya. (Foto: jJulian Romadhon-Harian Disway)

PLN meminjam lahan milik WTC. Namun Mal lain bisa mengajukan kemitraan bisnis SPKLU untuk kepentingan bisnis. Badan Usaha yang tertarik bisa mengakses layanan.pln.co.id/partnership-spklu.

PLN akan menerbitkan Surat Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL) bagi mitranya. PLN menyiapkan suplai listrik, serta dukungan aplikasi Charge.IN dalam pengelolaan SPKLU. Mitra berperan sebagai penyedia fasilitas isi daya kendaraan listrik dan lahan. Mirip sistem kemitraan SPBU Pertamina.

Selama 2021 populasi kendaraan listrik nasional memang meningkat. Berbagai merek mobil berlomba menjual mobil ramah lingkungan itu.

Hyundai Kona EV menjadi mobil paling laris dalam penjualan 2021. Total penjualannya mencapai 360 unit. Di posisi kedua ada Hyundai Ioniq EV yang laku 228 unit. Disusul All New Nissan Leaf dengan penjualan 42 unit. Masih ada Lexus UX 300e yang terjual 26 unit, Toyota Coms EV 20 unit, serta Toyota C+Pod EV 7 unit. Segera menyusul: Wuling GSEV.

Surabaya juga sudah punya Dealer Tesla yang memulai penjualan Desember lalu. Namun proses indennya setahun. ”Banyak banget yang test drive dan beli. Selain seri III ada juga yang inden seri X,” kata owner Perfection Auto Gallery Roy Adidharma. (Salman Muhiddin)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: