Mudik Gratis 2023 Angkutan Laut Jakarta-Semarang, Begini Cara Daftarnya

Mudik Gratis 2023 Angkutan Laut Jakarta-Semarang, Begini Cara Daftarnya

Mudik Gratis menggunakan moda angkutan laut Jakarta-Semarang-Pexels-

JAKARTA, HARIAN DISWAY- Menghitung hari menuju Lebaran, Kementerian Perhubungan mengadakan Mudik Gratis tahun 2023. Salah satunya yakni menggunakan moda transportasi laut. 

Pendaftaran Mudik Gratis (arus mudik) menggunakan angkutan laut ini, sudah dibuka sejak Kamis, 23 Maret 2023 dan ditutup pada Jum’at, 7 April 2023.

Melalui website resmi Kementerian Perhubungan, mengatakan bahwa untuk mendaftar Mudik Gratis melalui jalur laut, peserta perlu menyiapkan identitas diri. Meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Izin Mengemudi (SIM) C, dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).


Tampilan halaman website resmi Kementerian Perhubungan untuk mendaftar Mudik Gratis 2023-Website resmi Kementerian Perhubungan-

Tidak perlu repot, peserta bisa mendaftar secara online melalui website resmi Kementerian perhubungan di https://mudikgratis.dephub.go.id

Pada halaman tersebut, peserta bisa langsung klik kolom “Daftar untuk laut”.

Apabila pendaftaran telah berhasil, peserta wajib melakukan verifikasi pendaftaran ke posko-posko yang sudah disediakan dengan membawa dokumen identitas diri.

“Kementerian Perhubungan membuka dua posko. Pertama, di Kantor Kementerian Perhubungan RI di Jalan Medan Merdeka Barat No.8, Jakarta Pusat. Dan yang kedua, di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Utama Tanjung Priok di Jalan Panaitan No.105 Tanjung Priok, Jakarta Utara,” dikutip dalam website resmi Kementerian Perhubungan.

Verifikasi ini hanya bisa dilakukan paling lambat dua hari setelah mendaftar secara online.

“Adapun jadwal verifikasinya, bisa dilakukan mulai hari Senin, 25 Maret 2023 hingga Minggu, 7 April 2023. Posko kami buka pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB,” lanjutnya.


Tampilan halaman website resmi Kementerian Perhubungan untuk mendaftar Mudik Gratis 2023 angkutan laut-Website resmi Kementerian Perhubungan-

Selain angkutan untuk arus mudik, Kementerian Perhubungan juga menyediakan angkutan laut arus balik. 

Akan tetapi, angkutan ini hanya berlaku untuk peserta arus balik Semarang ke Jakarta saja. 

 

Peserta yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya, bisa verifikasi pendaftaran mulai Sabtu, 25 Maret 2023 hingga Sabtu, 15 April 2023 di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Jalan Yos Sudarso No.30, Bandarharjo, Kecamatan Utara, Kota Semarang setiap pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. (Umaimah ‘Iffat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: