Mampir Rest Area Maksimal 30 Menit, Beli Makan Dibungkus

Mampir Rest Area Maksimal 30 Menit, Beli Makan Dibungkus

GANTIAN: Petugas mengarahkan kendaraan yang akan masuk ke Rest Area KM 379 A Gringsing di ruas Jalan-Tol Batang-Semarang. Meskipun seabrek fasilitas sudah ditingkatkan, pemudik diharapkan hanya beristirahat maksimal 30 menit-Foto : Jasa Marga-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Pemerintah menetapkan bahwa batas waktu parkir di rest area bagi para pemudik adalah 30 menit. Hal ini untuk mengantisipasi kepadatan di rest area selama masa mudik lebaran tahun 2023

"Sesuai dengan instruksi dari Kementerian PUPR, kami mengimbau kepada pengguna jalan tol bahwa durasi beristirahat di dalam rest area maksimal 30 menit,” jelas Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT Jasa Marga Related Business (JMRB) Tita Paulina Purbasari senin (3/4/2023).

Selain itu, pengunjung diharapkan untuk mengutamakan take away alias dibungkus saat membeli makanan di rest area. Hal ini untuk mempersingkat waktu singgah dan memberikan kesempatan bagi pemudik lain yang mengantri untuk masuk ke rest area. 

BACA JUGA:Antisipasi Kemacetan Saat Mudik, Jasa Marga Buka Dua Jalur Fungsional

BACA JUGA:Mudik 2023 Diprediksi 2,78 Juta Kendaraan Melintasi Jalur Keluar Jabodetabek

Selain sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19, imbauan ini juga dimaksudkan untuk menghindari kepadatan di dalam rest area. “Sehingga dapat memberikan kesempatan bagi pengguna jalan lainnya untuk dapat memanfaatkan fasilitas di rest area," jelasnya.

JMRB menegaskan bahwa sejumlah protokol kesehatan masih berlaku di Rest Area Travoy (Dikelola Jasa Marga). Diantaranya adalah imbauan untuk mengenakan masker, menghindari kerumunan, dan membatasi waktu maksimal berkunjung.

Dalam memaksimalkan layanan, PT JMRB telah menyiagakan satuan tugas (Satgas) di Rest Area Travoy ataupun di rest area di ruas Jasa Marga Group yang dikelola oleh mitra. PT JMRB pun telah berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder untuk mendirikan posko pelayanan dan kesehatan di rest area. 

BACA JUGA:Ruas Tol Solo-Klaten Dibuka Fungsional Selama Lebaran. Beroperasi 07.00 hingga 17.00 WIB

BACA JUGA:Mudik 2023 Diprediksi 2,78 Juta Kendaraan Melintasi Jalur Keluar Jabodetabek

Posko pelayanan dari pihak Kepolisian di rest area di ruas jalan tol Jasa Marga Group berjumlah 36 posko. Sedangkan posko kesehatan berjumlah 22 posko. “Nantinya posko-posko ini akan membantu pengunjung yang membutuhkan informasi serta melakukan pengecekan kesehatannya selama perjalanan,” kata Tita. 

"Rest area juga menyiapkan fasilitas lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung, seperti bengkel darurat, gerai pengisian uang elektronik, hingga layanan kesehatan di beberapa rest area yang berada di ruas Jasa Marga Group," imbuhnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: