Tol Cisumdawu Hidupkan Bandara Kertajati

 Tol Cisumdawu Hidupkan Bandara Kertajati

Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan di depan terowongan jalan tol Cisumdawu setelah peresmian tolbaru tersebut 11 Juli 2023. -Setpres-

SUMEDANG, HARIAN DISWAY - Bandara Internasional Kertajati bakal beroperasi penuh pada Oktober nanti. Tinggal dua bulan lagi. Akan menggeser posisi Bandara Husein Sastranegara. Terutama untuk pesawat jet.

Tentu harapannya, bandara di Majalengka, Jawa Barat, itu tak mati suri lagi. Apalagi kini tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Kabupaten Sumedang sudah dibuka. Diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 11 Juli 2023. 

Jalan sepanjang 61,6 kilometer yang menghubungkan Kota Bandung dari Jalan Tol Cipularang ke Jalan Tol Cipali tersebut dapat mempermudah konektivitas menuju bandara. "Kita harapkan traffic-nya makin padat," ujar Jokowi dalam acara peresmian. 

Ia pun optimistis Bandara Internasional Kertajati menjadi bandara masa depan. Lantas mendatangkan para investor. Lantaran Jokowi melihat mulai banyak keinginan negara-negara luar untuk masuk dan berpartner di bandara. Baik untuk mengoperasikan maupun meningkatkan aktivitas penerbangan.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Mulai Ramai Layani Kedatangan Jamaah Haji

BACA JUGA:Diresmikan Presiden, Jalan Tol Cisumdawu Diharapkan Perkuat Bandara Kertajati

Sejauh ini, kata Jokowi, aktivitas di Bandara Kertajati sudah sangat baik. Sekarang telah digunakan untuk embarkasi haji menampung sekitar 8 ribu jemaah dari tujuh kabupaten/kota di Jawa Barat. 

Tak hanya itu, Bandara Kertajati juga telah melayani sejumlah penerbangan internasional lainnya. Di antaranya, penerbangan umrah empat kali seminggu dan penerbangan rute Kuala Lumpur-Kertajati sebanyak dua kali seminggu.

Menurut Jokowi, jalan Tol Cisumdawu yang menghabiskan anggaran Rp 18,3 triliun ini awalnya dikerjakan bersamaan dengan pembangunan Bandara Internasional Kertajati. Namun, sempat terkendala pembebasan lahan. Sehingga pembangunannya rampung telat. Dan sempat mengganggu operasional bandara.

Istimewanya, jalan Tol Cisumdawu memiliki terowongan kembar sepanjang 472 meter. Menjadi satu-satunya di Indonesia. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: