Siapa Vecna, Monster Sadis Dalam Stranger Things Season 4?

Sabtu 28-05-2022,14:17 WIB
Reporter : Retna christa
Editor : Retna christa

FANS Stranger Things pasti sudah familiar dengan Demogorgon, Mind Flayer, maupun The Spider Monster. Namun, di Stranger Things season 4 ini ada villain yang benar-benar fresh. Namanya Vecna.
Siapa Vecna? Dan bagaimana ia menerobos dunia manusia?
Sebagaimana diberitakan, Stranger Things season 4 dirilis Jumat lalu (27/5). Mengisahkan tentang Eleven (Millie Bobby Brown), Will (Noah Schnapp), Mike (Finn Wolfhard), Dustin (Gaten Matarazzo), dan Lucas (Colin McLoughlin) yang sudah beranjak remaja. Mereka sudah kelas 1 SMA.
Pada episode pertama Stranger Things season 4, Eleven dan Will, berusaha beradaptasi di sekolah baru mereka. Di Lenora, California. Sementara teman-teman mereka masih di Hawkins, Indiana. Setahun setelah kejadian di akhir Stranger Things season 3, mereka mulai dihadapkan pada kejadian-kejadian aneh. Dua teman mereka tewas mengenaskan.

BACA JUGA: No-Spoiler-Stranger-Things-Season-4-Langsung-Menegangkan-Sejak-Episode-Pertama

Monster yang membunuh anak-anak remaja itu diketahui sebagai Vecna. Seperti monster di musim-musim sebelumnya, sosoknya diambil dari permainan Dungeons & Dragons. Sosoknya seperti manusia tanpa kulit. Hanya saja, ototnya terdiri dari sulur-sulur tentakel berlendir. Dan wajahnya seperti tengkorak.

Ia memikat korbannya dengan membangkitkan kenangan buruk dari masa lalu mereka. Menerornya dengan mimpi buruk. Dan membawa arwahnya ke Upside Down. Meninggalkan jasad mereka tak bernyawa dengan kondisi mengenaskan. Tulang-tulang mereka patah ke arah berlawanan. Dan bola mata mereka tercungkil keluar.  
’’Vecna membuat Demogorgon tampak imut dan menggemaskan,’’ kata sutradara dan produser eksekutif Shawn Levy kepada Seventeen.
Menurut legenda di jagat Dungeons & Dragons, Vecna adalah lich (sejenis makhluk jahat abadi) yang berusaha mendapatkan kekuatan absolut untuk menjadi dewa. Menurut GameRant, Vecna kali pertama muncul di board game fantasi itu pada 1974. Meskipun, asal-usulnya tidak diungkapkan hingga 1989.
Di Dungeons & Dragons, hasrat Vecna untuk menjadi dewa hampir tercapai lewat ritual-ritual sihir. Namun, ia dijegal oleh Kas, anak buahnya yang paling dipercaya. Vecna dibantai. Mayatnya ditinggalkan begitu saja. Namun, arwahnya mulai gentayangan menjelajahi berbagai universe. Untuk mengumpulkan pengikut dan kekuatan baru.   
Kembali ke pertanyaan semula. Bagaimana Vecna bisa tiba di Upside Down, dan bagaimana ia menerobos masuk ke dunia manusia? Padahal, gerbang menuju Upside Down sudah ditutup oleh Eleven pada akhir musim ketiga. Hm, untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus menonton Stranger Things season 4 sampai tamat dulu. (*)

Kategori :