Tahun Paling Ajaib Buat Olivia Rodrigo

Selasa 14-09-2021,07:48 WIB
Editor : Retna Christa

Untuk kali pertama sejak pandemi, ada acara penghargaan yang berlangsung normal. Yakni MTV VMAs 2021. Ada red carpet, ada penampilan live, dan yang paling penting… ada audiens! Suasana begitu seru dan membahagiakan. Tapi yang paling happy tetap Olivia Rodrigo, Lil Nas X, dan BTS.

 

JUSTIN BIEBER boleh menjadi mendominasi daftar nominasi MTV Video Music Awards (VMAs) 2021. Penyanyi Peaches itu menjadi nomine di sembilan kategori sekaligus. Namun, yang berpesta paling seru adalah tiga artis paling hot saat ini. Yakni Olivia Rodrigo, Lil Nas X, dan BTS. Mereka sama-sama memborong tiga penghargaan.

Rodrigo merebut gelar Song of the Year, Push Performance (keduanya lewat Drivers License) plus Best New Artist. Itu bukan kejutan. Mengingat lagu Drivers License yang fenomenal itu menjadi single yang paling banyak di-stream sepanjang Januari. Setelah lagu itu meledak, dia merilis Happier. Yang langsung menjadi himne patah hati remaja galau di seluruh dunia.

’’Ini menjadi tahun paling ajaib sepanjang hidupku. Dan ini semua terjadi berkat kalian,’’ kata Rodrigo dalam pidato penerimaan, seperti dikutip Guardian. Dia mendedikasikan kemenangan buat semua cewek yang menulis lagu di lantai kamar tidur. Berusaha mengatakan sesuatu, tapi tak kesampaian.

’’Akan selalu ada banyak orang yang berusaha meredupkan sinarmu. Tapi menyampaikan pendapatmu dan membagikan isi hatimu adalah hal paling indah di dunia,’’ tutur penyanyi 18 tahun tersebut. 

LIL NAS X mengangkat trofi Video of the Year dari MTV VMAs kemarin (13/9). (Foto: Bennett Raglin-Getty Images via AFP)
 

 

Lil Nas X, di sisi lain, mendapatkan piala berbentuk astronot (atau Moon Person) dari kategori Best Direction dan Best Visual Effect. Keduanya diraih dari lagu Montero (Call Me by Your Name). Ia juga meraih penghargaan paling prestisius malam itu: Video of the Year. Juga berkat lagu yang dirilis pada Februari lalu tersebut.  

’’Wow, oh my God. Aku ingin berterima kasih kepada Gay Agenda. Ayo Gay Agenda!’’ Lil Nas X berseru dalam pidatonya yang sangat pendek. ’’Aku sangat mencintai kalian, guys. Aku tidak akan menganggap remeh kemenangan ini,’’ imbuhnya.

Gay agenda adalah istilah yang diperkenalkan kaum konservatif AS. Yang menyebut kelompok LGBTQ menyebarkan nilai-nilai perusak moral masyarakat. Klip video Montero (Call Me By Your Name) memang mengejek kaum homophobic habis-habisan. Ada adegan dirinya menari di tiang, lalu merosot turun ke neraka. Dan berdansa dengan iblis. 

Sementara itu, BTS merebut tiga gelar yang tak kalah bergengsi. Yakni Best K-Pop dan Song of Summer lewat lagu Butter. Mereka juga memenangkan kategori Group of the Year. Mengalahkan beberapa nama besar sekaligus. Seperti Blackpink, Foo Fighters, Maroon 5, serta Twenty One Pilots. 

MTV VMAs 2021 digelar di Brooklyn Barclay Center, New York. Durasinya tiga jam. Sebagai acara penghargaan sungguhan pertama sejak pandemi Covid-19 melanda (bukan virtual, bukan hybrid), siaran langsung dipenuhi product placement. Kebetulan, event tersebut sekaligus menjadi perayaan ulang tahun MTV yang ke-40. 

Audiensnya full. Tidak ada social distancing. Panggungnya megah. Dan setiap penampilan disajikan secara live. Kalau ada sinyal bahwa kondisi belum sepenuhnya kembali seperti dulu, itu tampak di kursi penonton. Masih banyak yang mengenakan masker. Beberapa penari latar juga terlihat memakai pelindung wajah.

Acara tahun ini memang temanya bersenang-senang. Tak seperti tahun lalu, ketika AS sedang diguncang konflik rasial. Kali ini, tidak ada lagi pidato yang menyebut tentang pandemi. Juga seruan untuk keadilan rasial. Bahkan para artis kulit hitam tak satu pun yang menyebut nama George Floyd.

Malam itu, fokusnya adalah sajian live music. Para pemenang menyampaikan pidato pendek, supaya jatah waktu penayangan bisa lebih banyak dialokasikan untuk musik. Presenternya keren-keren (mulai Jennifer Lopez, pesenam Olimpiade Simone Biles, hingga Megan Fox dan Kortney Kardashian).

Tags :
Kategori :

Terkait