Setelah Andika-Dudung, Siapa?

Jumat 19-11-2021,04:00 WIB
Editor : Yusuf M. Ridho

Lantas, siapa jenderal berikutnya yang bisa mengikuti jejak Andika dan Dudung? Kalau melihat pola Jokowi, perwira yang pernah menjabat ajudan dan Paspampres termasuk poin. Walaupun tak mutlak seperti Dudung, tapi Andika dan Listyo bekas Paspampres dan ajudan.

Di antara jenderal bintang dua saat ini, yang menjabat Pangdam saat ini, ada sejumlah jenderal yang berpeluang promosi. Mayjen Teguh Pudjo Rumekso, misalnya. Kini Pangdam Mulawarman. Sosok ini bisa dikatakan istimewa karena meraih Adhi Makayasa, lulusan terbaik Akmil 91.

Juga, Mayjen I Nyoman Cantiasa yang kini Pangdam Kasuari. Juga mantan komandan Kopassus. Serta peraih Adhi Makayasa 90.

Ada lagi. Mayjen Maruli Simanjuntak. Masih muda, 51 tahun. Akmil 1992. Saat ini Pangdam Udayana. Usia boleh muda, tapi sudah memegang jabatan mentereng, termasuk komandan Paspampres. Juga pernah menjabat Danrem di Solo serta sebagian besar kariernya di baret merah.

Seperti halnya Andika, Maruli punya mertua hebat. Kalau Andika menantu Hendropriyono, Maruli menantu Jenderal Luhut Binsar Pandjaitan.

Siapakah rising star berikutnya? Apakah Teguh Pudjo, Nyoman Cantiasa, atau Maruli Simanjuntak? Paling tidak isyaratnya, siapa yang akan menjabat Pangkostrad. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait