Tak Ada Liburan Akhir Tahun , SMA/SMK/SLB Tetap Sekolah

Senin 13-12-2021,04:00 WIB
Editor : Noor Arief Prasetyo

PEMERINTAH memang membatalkan PPKM level 3 secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Meski begitu, tidak ada libur bagi seluruh siswa SMA/SMK/SLB Jawa Timur di akhir tahun. Siswa tetap masuk. Melanjutkan kegiatan belajar mengajar (KBM) untuk semester berikutnya.

”Itu untuk menghindari kerumunan di ruang publik. Karena kita tetap menjaga protokol kesehatan di masa pandemi,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wahid Wahyudi. Begitu juga dengan pembagian rapor semester 1. Bakal ditunda hingga Januari tahun depan.

Wahid sudah mengirimkan nota dinas kepada seluruh SMA/SMK/SLB di Jatim. Yakni, pelarangan cuti bagi seluruh guru dan tenaga kependidikan. Juga, imbauan agar menunda pembagian rapor tersebut. ”Sudah kami kirim kepada kepala cabang dinas di daerah untuk diteruskan ke seluruh kepala sekolah,” ungkapnya.

Selain itu, ia minta setiap sekolah terus mengaktifkan Satgas Covid-19. Tujuannya, pembelajaran tatap muka (PTM) bisa berlangsung dengan aman. Ia juga memastikan bahwa vaksinasi dosis pertama untuk guru dan tenaga kependidikan sudah mencapai 100 persen. Sementara itu, vaksinasi pelajar mencapai 83,64 persen.

”Ya. Tidak ada libur di akhir tahun untuk semua sekolah,” kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMAN Se-Jatim Panoyo. Pengumuman itu sudah diberitahukan kepada para siswa dan wali murid pekan lalu. KBM pun sepenuhnya diserahkan kepada setiap sekolah. Boleh PTM maupun pembelajaran daring secara penuh.

Di SMAN 1 Gedangan, misalnya, pembelajaran bakal dilakukan secara daring. Siswa belajar dari rumah. Mulai pukul 07.00 hingga 12.00. Guru dan tenaga kependidikan tetap mengajar dari sekolah. Materi pelajarannya bakal langsung masuk semester 2.

Sebetulnya, jika mengacu pada jadwal normal, libur sekolah jatuh pada 20 Desember hingga awal tahun 2022. Rapor dibagikan pada 18 Desember. Namun, jadwal normal itu dibatalkan begitu ada nota dinas tersebut.

Rencananya, libur diganti pada Januari 2022. Tapi, waktunya belum ditentukan. Seluruh sekolah masih menunggu instruksi dari dinas pendidikan. ”Itu yang kita tunggu bersama. Semoga segera diputuskan,” tandasnya. (Mohamad Nur Khotib)


https://bit.ly/3Eb2Rhk

Tags :
Kategori :

Terkait