Omicron Sampai di Tiongkok

Rabu 15-12-2021,23:46 WIB
Editor : Doan Widhiandono

AKHIRNYA, virus Covid-19 varian Omicron tiba di Tiongkok. Tepatnya di Tianjin.

Itu diungkapkan oleh koran Tianjin Daily dan dikutip oleh Agence France-Presse, Senin (13/12). Menurut koran tersebut, yang terkonfirmasi positif itu hanya satu orang. Ia baru datang dari luar negeri, Kamis (9/12). Tetapi negara itu tidak disebutkan.

Sebagaimana lazimnya penumpang dari luar negeri, orang tersebut menjalani tes wajib sebelum memasuki Tiongkok. Ia tanpa gejala. Nah, saat tes itulah ketahuan bahwa ia positif Covid-19. ’’Dan kami mendeteksi varian Omicron,’’ bunyi laporan resmi dari pemerintah.

Orang tersebut langsung dirawat dalam isolasi khusus di rumah sakit.

Tiongkok, negara berpenduduk terpadat di dunia itu, memang sangat waspada terhadap potensi munculnya wabah di negerinya. Mereka adalah tempat kali pertama munculnya pandemi Covid-19 di Wuhan pada akhir 2019. Apalagi, saat ini Tiongkok sedang bersiap menyambut Olimpiade Musim Dingin di Beijing pada Februari 2022.

Badan Pengendalian Penyakit, yang dikontrol langsung oleh Dewan Negara atau kabinet Tiongkok, sudah memerintahkan protokol kesehatan yang lebih ketat. Terutama di kota-kota pelabuhan. Misalnya, Tianjin yang berjarak sekitar 140 kilometer dari Beijing.

Varian Omicron diduga lebih cepat menyebar ketimbang varian Delta. Mutasi itu juga membuat vaksin kurang efektif. Tetapi, kata WHO pada Minggu (12/12), gejalanya cukup ringan. Meski begitu, organisasi kesehatan dunia tersebut mengakui bahwa data tentang varian Omicron tersebut masih sangat minim.

Tiongkok sejatinya cukup sukses menekan persebaran virus tersebut. Jurusnya tetap: pembatasan perbatasan yang sangat ketat, pengujian masal yang cepat, dan lockdown pada wilayah-wilayah tertentu.

Awal pekan ini, ada 101 kasus Covid-19 baru di negara tersebut. Dan sebanyak 21 di antaranya adalah kasus impor. (Doan Widhiandono)

 

Tags :
Kategori :

Terkait