Anggun C Sasmi Merasakan Cinta di Hadapan Paus

Jumat 31-12-2021,06:53 WIB
Editor : Heti Palestina Yunani

BETAPA beruntungnya Anggun C Sasmi. Sosok pemimpin umat Katolik sedunia Paus Fransisku berdiri di hadapannya.

Momen yang luar biasa itu dibagikan Anggun dengan bangganya di akun Instagram @anggun_cipta. Di sana dia menulis: ”Beyond honoured to have met the Pope Francis. He’s soft spoken, looks right in my eyes, smiles and I can feel his love, humanity and kindness. Such an unforgettable moment.”

Lantas diakhiri emoticon dua telapak tangan berposisi hormat. Serta diikuti tagar PopeFrancis dan me-mention akun Instagram milik Paus Fransiskus @fransicus. Disusul bintang dan bentuk love.

Ya, siapa yang tak bangga dengan unggahan istimewa seperti itu. Sebagian mungkin ada rasa iri. Dalam dua foto, Anggun sendiri menyatakan bahwa dia sangat terhormat telah bertemu dengan Paus Fransiskus.

Rasa hormat itu sebenarnya bisa dipahami dalam cara Anggun bersikap di hadapan Paus. Saat tangan kanannya menggenggam tangan Paus yang menjabatnya, tangan kiri Anggun diletakkannya di atas dadanya.

Dalam adat Jawa yang menjadi latar belakang kultur kehidupan Anggun, sikap itu menyatakan bahwa seseorang menaruh hormat. Biasanya sikap itu disertai dengan menekuk lutut untuk bisa merendahkan tubuh di hadapan orang yang dianggapnya harus dihormati.

Satu foto lain atau yang kedua menunjukkan sikap Anggun yang sangat terpukau di hadapan Paus. Mimik kedua orang itu menampakkan bahwa ada dialog yang akrab.

Keakraban antara Anggun C Sasmi dan Paus Fransiskus saat bertemu. Buat Anggun, momen ini sungguh luar biasa untuknya. Dia merasa terhormat. Tampak dari posisi tangan kirinya yang dia letakkan di atas dada sebagai penghormatan.

Selain merasa sangat terhormat bisa bertemu Paus, dalam pandangan Anggun, cara bicara Paus lembut. ”Terlihat tepat di mataku, tersenyum dan aku bisa merasakan cinta, kemanusiaan, dan kebaikannya,” demikian bila keterangan Anggun itu diterjemahkan.

Anggun menyebut bahwa momen itu sebagai yang tak terlupakan buat dirinya. Pada suasana Natal pula. Tak ada canggung buat Anggun yang tumbuh dalam didikan keluarga Muslim sewaktu kecil. Hal itu justru menguatkan rasa toleransi Anggun yang tinggi pada umat Kristiani yang tengah merayakan Natal.

Dalam unggahan sebelumnya, Anggun juga memukau sekaligus membuat iri siapa saja yang menyaksikan fotonya di feed miliknya. Sebab Anggun tidak hanya bertemu dengan Paus Fransiskus, namun Anggun telah sedekimian memukaunya tampil dalam sebuh acara musik Concerto di Natale yang disiarkan setiap tahun pada malam Natal di Prancis.

Berduet dengan seorang penyanyi, Anggun menyanyikan lagu rohani berjudul Malam Kudus. Lagu itu makin istimewa karena Anggun melantunkannya dalam versi bahasa Indonesia. Dengan suara khasnya, Anggun berhasil mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari pada penonton yang hadir.

Kebanggaan itu tentu saja bukan milik Anggung doang. Buat semua bangsa Indonesia, lagu itu terdengar dalam bahasa Indonesia tentulah sebuah kehormatan bagi Indonesia.

Sepeti yang ditulisnya sebagai keterangan videonya yang berdurasi 3 menit 34 detik. ”Menyanyikan ’Malam Kudus’ atau ’Silent Night’ dalam bahasa saya, bahasa Indonesia untuk pembukaan Concerto di Natale di Vatikan, membuat momen ini semakin istimewa bagi saya.”

Proficiat Anggun! (Heti Palestina Yunani)

Tags :
Kategori :

Terkait