Transformasi Butuh Dukungan Pers

Kamis 10-02-2022,01:47 WIB
Editor : Redaksi DBL Indonesia

TAHUN ini Presiden Jokowi hadir secara virtual dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN). Jokowi bersama Mensesneg Pratikno dan Menkominfo Jhonny G. Plate berada di Istana Bogor. Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, Ketua PWI Atal S. Depari, dan para peserta berkumpul di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Dalam sambutannya, Jokowi meminta dukungan insan pers karena pemerintah sedang bekerja keras melakukan transformasi struktural guna menghadapi era yang penuh kompetisi.

“Ini sangat penting sehingga memberikan dampak yang signifikan pada penurunan angka kemiskinan, ketimpangan, dan juga menyerap pengangguran yang ada,” ujar Jokowi.

Transformasi besar tengah dilakukan. Misalnya dengan melakukan hilirisasi, baik di sektor industri tambang maupun sektor pertanian. ”Pemerintah telah membuktikan bahwa dengan hilirisasi maka akan tercipta lapangan kerja baru yang makin banyak dan nilai tambahnya akan berdampak pada industri-industri nasional kita,” lanjutnya.

Selain itu, kata Jokowi, transformasi ekonomi digital dan transformasi energi juga tengah dilakukan. Semua itu harus sejalan dengan komitmen pemerintah untuk menggerakkan ekonomi hijau yang akan berkontribusi pada penyelesaian persoalan lingkungan di tingkat global.

”Kritik, masukan dan dukungan dari insan pers sangat-sangat penting. Untuk mendorong yang masih lamban dan juga mengapresiasi yang sudah berjalan,” imbuhnya. (Vanesa)

 

Tags :
Kategori :

Terkait