Aya Canina Mengorek Luka Lama

Jumat 11-02-2022,14:28 WIB
Editor : Heti Palestina Yunani

Penulis asli lirik lagu Kukira Kau Rumah, Aya Canina, membagikan cerita kekerasan dalam pacaran yang dialaminya dengan salah satu personel Amigdala. 

Kekerasan yang dialami Aya Canina yang menginspirasi Umay Shahab untuk membuat film dengan judul sama itu terjadi masih menjalin hubungan dengan vocal 2 sekaligus gitaris Amigdala. Bukan hari, minggu atau bulan, namun kekerasan itu berlangsung selama bertahun-tahun. Tepatnya 3,5 tahun.

Gara-gara itu pula, perempuan bernama asli Andari Jamalina Pratami punya alasan untuk keluar dari band tersebut pada Agustus 2020. Pengakuan itu diunggahnya di Instagram Story. Lantas disimpan di beranda akun Instagramnya, pada 9 Februari 2022. ”Saya sudah lama memedam ini. Telah saya ikhlaskan Amigdala, nama yang saya kreasi sendiri,” tulisnya.

Meskipun tak menyebut namanya, ia membuka clue identitas mantan pacarnya saat itu. ”Orang yang selalu bernyanyi bersama saya,” tulisnya. Diduga mantan kekasih yang sudah melakukan kekerasan dengannnya berinisial IME, yang menggubah puisi Kukira Kau Rumah menjadi lagu. IME saat ini pun sudah hengkang dari Amigdala.

Kejadian itu sangat mempengaruhi mentalnya. Ia menggambarkan hubungan toksik yang dialaminya bersama mantan pacarnya itu seperti dalam film Story of Kale: When Someone's in Love.

Ironisnya, saat ia berusaha mengadukan kekerasan dalam pacaran dari IME itu kepada kawan-kawan bandnya serta kepala media dan keuangan, respons tak terduga ia terima. Menurut dia, kawan-kawannya itu, yang semua laki-laki, turut melanggengkan kekuasaan.

Dengan jelas, ia menyebut kedua kawannya yang melanggengkan kekuasaan adalah bassist dan drummer Amigdala.

”Saya merasa tidak didukung penuh bahkan setelah pengakuan itu saya beberkan. Saya ingat si drummer pernah bilang, ’Jangan takut. Kalau perlu bantuan, aku akan bantu.’ Tapi dia tak pernah menghubungi saya, bahkan sekadar memastikan apakah saya masih menerima ancaman dari mantan saya? Tidak. Tidak pernah. Sampai detik ini,” tulisnya.

Aya menilai, dua temannya, bassist dan drummer itu hanya mementingkan keberlangsungan band. ”Si bassist pernah bilang, ’Ini bukan soal kalian berdua aja. Ada band di sini. Berdamai saja.’ Ya, lalu? Bagaimana dengan keselamatan saya?” tulisnya.

Aya Canina makin kesal lantaran tiap kali berjumpa secara virtual untuk membahas masalah royalti, tidak ada satu pun yang mengutarakan permintaan maafnya. Kemarin, IME disebutnya mengirimkan pesan WhastApp untuk meminta maaf pada Aya. Tapi tidak dengan bassist dan drummer.

”Apa kamu tahu mantan pacar saya itu sudah tidak lagi di band? Saya tidak mengerti mengapa band tidak mengumumkan itu,” tulisnya. Kondisi ini berbeda ketika Aya menyatakan diri keluar setelah merasa tidak dilindungi teman-temannya.

Lewat akun Instagramnya, Amigdala mengumumkan Aya sudah tak lagi bergabung dengan mereka.

Aya Canina kian geram saat lagunya, Belenggu dibuat video musik yang mengangkat tema kekerasan perempuan. ”Saya menulis lirik lagu Belenggu dan lagu itu tidak menceritakan apa pun tentang kekerasan perempuan,” tulisnya pada unggahannya pada 10 Februari 2022.

Ironisnya, di video di balik layar lagu Belenggu, Amigdala mengungkapkan mereka ingin memotret tindak kekerasan seksual terhadap perempuan yang berada di lingkup rumah tangga.

”Apa kalian, kawan saya (dulu), tahu rasa sakit saya? Tahukah rasanya ketika saya menonton teaser ini? Saya bisa jadi inspirasi kalian untuk membuat lagu baru bertema abusive, jika kalian benar-benar peduli dengan isu itu,” tulisnya menyindir. ”Belah dada saya. Lihat lukanya. Mustahil mampu.”

Tags :
Kategori :

Terkait