Sita Aset Hasil Binomo, Bikin Korban Ngiler

Rabu 23-03-2022,04:00 WIB
Editor : Yusuf M. Ridho

Uang binomo dikejar polisi. Setelah selebgram Atta Halilintar mengembalikan tas Dior, ada lagi. Selebritas Rizky Billar dan Lesti Kejora mengembalikan Rp 20 juta. Itu amplop resepsi nikah mereka dari tersangka Dony Salmanan.

TERNYATA yang dikembalikan Rizky ke Mabes Polri Rp 10 juta. ”Seingat saya, jumlahnya itu,” katanya.

Urutan di belakang Rizky-Lesti, ada Deddy Corbuzier. Sudah mengaku diberi Rp 150 juta oleh tersangka Indra Kenz.

Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Kombes Chandra Sukma Kumara kepada pers, Selasa (22/3), mengatakan, siapa pun penerima uang atau barang dari tersangka bakal diperiksa.

Kombes Chandra: ”Kalau memang terkait, pasti diperiksa.” Cuma, pemeriksaan Deddy belum dijadwalkan. Masih didalami dulu.

Deddy, kepada pers, Kamis, 10 Maret 2022, mengatakan, dirinya menerima uang dari Indra Kenz. ”Kebagian Rp 150 juta,” ujarnya.

Tapi, uang itu bukan untuk Deddy. Melainkan, sumbangan Indra untuk hadiah duel catur antara Dewa Kipas dan GM Irene yang diprakarsai Deddy. Pemenangnya Dewa Kipas. Menerima Rp 150 juta itu.

Deddy: ”Jadi, nanti kalau itu akan disita polisi, akan saya tagih ke Dewa Kipas.”

Ada lagi, komika Kiky Saputri. Pernah roasting Indra dan Dony untuk tayangan TV. Dicurigai kebagian duit para tersangka itu.

Di kanal YouTube Trans TV, tayang Jumat, 18 Maret 2022, Kiky berdialog dengan Dewi Persik. Kiky mengatakan: ”Cuman masalahnya sekarang, ketika ada kasus, aku kebawa-bawa.”

Dewi: ”Emangnya kamu terima duit mereka?”

Kiky: ”Harusnya sih, iya ya...” Lalu, buru-buru ia tegaskan: ”Nggak, gak dapet.”

Itulah follow the money di kejahatan pencucian uang. Harta tersangka dikejar, disita polisi untuk negara.

Dikutip dari situs PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan), 7 Juni 2018, dijabarkan follow the money. Itu berdasar putusan pengadilan perkara pencucian uang tahun 2016.

Dasar putusan pengadilan itu adalah rekomendasi Financial Action Task Force on Money Laundering (FATF). Itu organisasi inter-governmental. Dibentuk 1989 oleh negara-negara G7. Tujuan: Memberantas pencucian uang serta pendanaan terorisme.

Tags :
Kategori :

Terkait