PT INKA dan PT TWC Kembangkan Moda Transportasi Pariwisata Dukung KTT G20

Senin 28-03-2022,12:06 WIB
Editor : Noor Arief Prasetyo

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro dan Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (PT TWC) Borobudur; Prambanan; dan Ratu Boko, Edy Setijono menandatangani nota kerja sama pengembangan moda transportasi pariwisata. Acara diselenggarakan di PT INKA (Persero) dan disaksikan oleh Wakil Menteri II Kementerian BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, Minggu (27/3).

Dalam kerjasama ini, kedua pihak akan mengembangkan dan mengimplementasikan moda transportasi pariwisata, antara lain trammover, autonomous line tracker bus hingga kereta gantung. Pengembangan ini juga dalam rangka mendukung gelaran KTT G20 2022 di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri II Kementerian BUMN, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, kunjungannya ke PT INKA (Persero) untuk meninjau ulang kesiapan PT INKA menyuplai bus listrik yang akan digunakan di G20 dan sebagai transportasi publik di Bandung dan Surabaya.

Wakil Menteri II Kementerian BUMN, Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan jika KTT G20 ini merupakan momentum yang baik untuk PT INKA dapat menampilkan produknya di domestik hingga internasional.

“Sehingga diharapkan kepercayaan domestik dan investor-investor internasional percaya dengan kemampuan indonesia untuk manufaktur bus listrik,” ujar Kartika.

Dalam pertemuan tersebut Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengatakan, kerjasama dengan PT INKA yaitu dalam bentuk trammover akan dioperasikan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Ia juga berharap kolaborasi ini dapat berkembang di dalam kawasan wisata maupun konektifitas antardestinasi wisata.

“Dan nanti kedepan memang akan menggunakan  moda - moda yang berbasis ke enegi terbarukan,” jelas Edy.

Direktur PT INKA, Budi Noviantoro turut menambahkan dalam wawancara tersebut  jika trammover akan menjadi ikonik di Taman Mini sebab menggunakan teknologi yang terbarukan.

“Jadi harapan nanti pas delegasi G20 bisa menikmati indahnya Taman Mini menggunakan tram mover, “ jelas Budi.

 

Pemindahan Rel Pertamina di depan PT INKA

Wali Kota Madiun, Maidi, yang juga hadir pada kesempatan tersebut saat ditanya awak media mengenai penataan ulang rel serong yang dilintasi gerbong Pertamina di depan kantor PT INKA (Persero) Madiun. Maidi menyampaikan akan mengkoordinasikan lebih lanjut untuk mengurangi bahaya kecelakaan bagi pengendara yang melintas khususnya ketika musim hujan datang.

“Kalau bisa dialihkan lewat belakang (pabrik INKA menuju Depo Pertamina). semua akses yang sifatnya tanah pemerintah daerah kita perbolehkan (untuk digunakan) semuanya. Sehingga nanti penataan untuk INKA sendiri akan semakin sempurna, dan warga sendiri juga nyaman, dan pertumbuhan ekonomi dengan INKA ini luar biasa untuk Kota Madiun, terima kasih sekali,” jelas Maidi.

Kartika Wirjoatmodjo juga mendukung perihal penataan tersebut. Kartika berharap agar dalam penataanya bisa menggunakan area atau tanah yang lain

“Kita mendukung Pak, ini namanya kan bagian dari pentaan kota ya, INKA ada di kota Madiun, bisa menata tempat testingnya segala macam supaya tetap friendly. Kita welcome sama dukungan dari Pak Walikota kita bisa menggunakan tanah-tanah lain yang bisa kita manfaatkan,” pungkas Kartika. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait