Artis Legendaris Rima Melati Tutup Usia

Kamis 23-06-2022,21:08 WIB
Reporter : Janesti Priyandini
Editor : Janesti Priyandini

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Kabar duka datang dari dunia hiburan tanah air. Aktris senior Rima Melati tutup usia hari ini, Kamis, 23 Juni 2022 dalam usia 84 tahun. 

Berita duka itu disampaikan oleh menantu Rima Melati, Marisa Tumbuan, melalui Instagram Story-nya di akun @marisa_tumbuan. "Telah berpulang dengan tenang ke pangkuan Tuhan Yang Maha Esa, Ibu RIMA MELATI, ibunda/mertua terkasih dari Aditya Bimasakti dan Marisa Tumbuan," tulisnya disertai unggahan foto Marisa, Aditya, dan Rima Melati.

Aktris yang lahir di Tondano, Sulawesi pada 22 Agustus 1937 ini meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pukul 15.14 WIB. "Mohon doanya dan mohon dimaafkan semua kesalahan-kesalahan beliau," tulisnya lagi. 

Pihak keluarga belum memberikan keterangan mengenai penyebab meninggalnya peraih Piala Citra ini. Rima memang sempat sakit kanker payudara belasan pada tahun 90-an, namun sudah sembuh. Namun di usianya yang sudah senja, kondisi fisiknya sudah menurun. 

Setelah berita duka ini menyebar, media sosial pun dibanjiri unggahan dan ucapan bela sungkawa dari sesama artis. Aktris Marsha Timothy misalnya. Dia mengucapkan belasungkawa melalui Instagram Story. ’’R.I.P Tante Rima sayang. Turut berduka cita untuk semua keluarga yang ditinggalkan,’’ tulisnya. 

Rima Melati adalah aktris legendaris tanah air. Dia mulai berkiprah di industri hiburan sejak tahun 1958. Lebih dari seratus judul film dan juga sinetron yang dia bintangi. Beberapa filmnya antara lain Kupu-Kupu Putih (1984), Tinggal Landas Buat Kekasih (1985), Pondok Cinta, (1986), hingga Ungu Violet (2005). Rima meraih Piala Citra pada Festival Film Indonesia 1973 untuk kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik dalam film Intan Berduri.

Rima memiliki nama lahir Marjolein Tambayong. Tahun 1950, dia hijrah ke Jakarta dan menjadi model. Setelah itu bergabung dalam grup The Baby Dolls dan mulai berakting meski perannya belum banyak. Film debutnya adalah Kasih Tak Sampai (1961). Karirnya sebagai artis semakin moncer setelah itu. Dia menikah dengan sesama aktor, Frans Tumbuan, pada 1973. Namun Frans sudah meninggal pada 2015 lalu. 

Selamat Jalan, Rima Melati. Beristirahatlah dalam damai.(*)

 

 

Kategori :

Terkait