Car Free Day Mulai Ramai

Senin 18-07-2022,05:00 WIB
Editor : Noor Arief Prasetyo

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Dihentikan selama pandemi, car free day akhirnya dibuka lagi oleh Pemkot Surabaya di Jalan Darmo, Minggu, 17 Juli 2022. Sudah sebulan ini jalur dua arah di jalan protokol Surabaya tersebut ditutup dan dipasang penghalang besi.


Petugas membuka akses ke jalan Darmo tepat pukul 09.00 usau pelaksanaan CFD .-Boy Slamet-

Petugas bersiaga di ujung jalan depan museum Bank Indonesia dan perempatan Jalan dr Soetomo. Hanya kendaraan tanpa motor yang boleh masuk. Pejalan kaki juga.

Jalan itu ditutup sejak pukul 06.00 hingga 09.00. Selama empat jam, jalur yang biasanya padat kendaraan itu menjadi surga bagi pesepeda dan pejalan kaki. Termasuk Taman Bungkul. 

Taman ikonik Surabaya tersebut menjadi titik kumpul yang cukup padat. Kendati, tampak beberapa pengunjung yang menjaga jarak antar sesama. 


Petugas gabungan berjaga jaga di akses masuk CFD Jalan Darmo sisi utara 17 Juli 2022.-Boy Slamet-

Sebenarnya, di pembatas ujung jalan tertera pelaksanaan car free day hingga pukul 10.00. Namun, karena mengantisipasi penularan kembali Covid-19, jalur dibuka satu jam lebih awal.

Diadakannya kembali car free day itu membawa angin segar bagi warga Surabaya. Termasuk pedagang yang ada di sepanjang jalur tersebut. Salah satunya kedai ketan punel yang berada tepat di seberang Taman Bungkul.

Wahyu, pemilik kedai, mengatakan bahwa kemarin banyak pengunjung yang datang membawa sepeda. Diungkapkan, selama CFD ditiadakan, omzet penjualan makanan tradisional yang dijualnya menurun.

Menurut Wahyu, awalnya memang belum terlalu ramai warga yang datang ke CFD. Namun, makin hari makin ramai. CFD memang sempat tidak dibuka pada Minggu, 10 Juli 2022, saat Iduladha.

”Bisa jadi karena kabar dibukanya kembali CFD sudah menyebar. Alhamdulillah, kami sebagai pengusaha juga menikmati hasilnya,” ujar Wahyu, mantan wartawan, itu. (*)

 

Kategori :