Gelaran Kebhinnekaan Budaya Nusantara di Hari Kemerdekaan

Sabtu 20-08-2022,21:17 WIB
Editor : Noor Arief Prasetyo

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Banyak cara dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77. Salah satunya dilakukan dengan menggelar kebhinnekaan budaya nusantara. Juga pembagian bunga kepada pengguna jalan di Jl. Basuki Rahmad, Sabtu (20/8).

Itu dilakukan oleh komunitas Indonesia Timur Bersatu (ITB) Berkarya Jatim yang menggandeng Keluarga Besar Flowers Tamasya (KBFT).  Komunitas yang beranggotakan dari banyak suku bangsa dan agama ini memamerkan budaya masing-masing secara bergantian di Hotel Goldvit, Jalan Basuki Rahmad.

Sejumlah tarian daerah dan juga lagu berbahasa daerah disajikan bergantian. Benar-benar menyajikan keragaman budaya tanpa ada yang merasa disisihkan. Semua merasa sama. Semua budaya sama-sama mengandung nilai keindahan.

Ketua Indonesia Timur Bersatu Berkarya Jawa Timur Agustinus Soares mengatakan acara ini memang sengaja memadukan banyak budaya dalam satu acara. “Agar kita semua sadar betapa beragamnya budaya di Indonesia. Perbedaan-perbedaan budaya ini jangan sampai malah memecah belah kita,” terang Agustinus.

Untuk menunjukkan keberagaman, yang hadir pada acara tersebut diminta mengenakan pakaian adat masing-masing. “Kami juga prihatin sekaligus mewaspadai tergerusnya budaya asli Indonesia yang semakin lama kurang dipahami generasi muda. Jangan sampai mereka mengalami krisis identitas,” kata Agustinus lagi.

Selain memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, dalam acara kemarin, juga dideklarasikan dukungan kepada pemerintah dalam menjaga keutuhan bangsa. Termasuk dukungan penuh kepada petugas keamanan, khususnya Kepolisian  Republik Indonesia. (*)

 

Kategori :

Terkait

Selasa 22-08-2023,16:57 WIB

Merdeka dari Surabaya