Pulang dari Konser Bareng Coldplay, Jin BTS Siap-Siap Wamil

Sabtu 29-10-2022,20:00 WIB
Reporter : Retna christa
Editor : Retna christa

SEOUL, Harian Disway – Hari-hari yang ditakuti ARMY akan segera tiba. Yakni ketika BTS harus mulai berangkat menjalani wajib militer. Dimulai dari Jin, sang anggota tertua. Jin saat ini sedang berada di Argentina, menampilkan single terbarunya, The Astronaut, bersama Coldplay. Ia bilang, sepulang dari negara di Amerika Selatan itu, ia akan segera melengkapi berkas wamil.

Dalam siaran langsung via Weverse, 28 Oktober 2022, Jin mengungkapkan, ia sebenarnya ingin berangkat wamil pada Juni. Namun, rencananya tertunda karena BTS menggelar konser bertajuk Yet to Come in Busan, Sabtu, 15 Oktober 2022 lalu.

’’Agar sopan buat fans, aku menunggu sampai penampilan kami di Busan pada Oktober. Aku tidak mau perpisahan yang banjir air mata. Jadi wamilku terpaksa dimundurkan,’’ jelas Jin. Benar saja. Setelah konser, Bighit Music mengumumkan bahwa Jin akan segera memenuhi kewajiban bela negara.

Sebenarnya, ia sempat terpikir untuk berangkat wamil tahun lalu. Namun, lagu Dynamite baru saja meledak gila-gilaan. BTS menganggap masa itu sebagai momentum penting untuk terus berkarya. Mereka lantas merilis Butter dan Permission to Dance buat fans. Lagi-lagi, dua lagu itu menyusul sukses berat di seluruh dunia.

’’Setelah kesuksesan dua lagu itu, aku berpikir, memang benar keputusanku untuk tidak meninggalkan mereka tahun lalu,’’ jelas Jin.

Setelah promosi Permission to Dance usai, BTS memutuskan bahwa mereka harus menggelar konser offline sebelum wamil. Setidaknya sekali. Tapi, kemudian, mereka disibukkan oleh penampilan di Grammy Awards, pada Februari lalu. Setelah Grammy itu, ia mulai menyiapkan diri untuk wamil.

’’Aku enggak suka cuaca dingin. Jadi aku mendapat izin dari agensi untuk pergi wamil pada musim panas. Antara Mei atau Juni,’’ ia memaparkan. Maka, pada Juni, mereka merilis video tentang hiatus. Dan setiap member fokus menjalani aktivitas solo. ’’Saat itu, kami secara enggak langsung sudah mengisyaratkan untuk pergi wamil,’’ kata idol berusia 29 tahun tersebut.

Kendati demikian, seperti disebut di atas, ternyata mereka mendapat mandat dari pemerintah untuk menggelar konser di Busan. Konser itu adalah bagian dari kampanye Korea untuk menjadi tuan rumah World Expo 2030. Alhasil, rencana wamil Juni pun tertunda lagi.

Kini, ia tidak bisa menunda lagi. Karena batas usia untuk ikut wamil buat warga negara Korea adalah 30 tahun. Sedangkan Jin genap berusia 30 pada 4 Desember 2022 mendatang. Ia pun terpaksa masuk wamil di tengah musim dingin. Bagaimana Jin menanggapinya?

’’Aku banyak memikirkan soal cuaca ini. Soal kesopanan terhadap fans, dan pergi wamil saat cuaca sedang dingin-dinginnya. Atau haruskah aku pergi wamil saat musim panas, seperti yang kuinginkan, tapi enggak ikut konser?’’ ia memaparkan. Akhirnya, ia memilih tampil di Busan, demi fans. ’’Aku enggak mau fans menonton penampilan kami dengan sedih, kalau tahu bahwa itu konser terakhir kami,’’ tuturnya. (*)

Kategori :