Halloween ala Hotel Wyndham Surabaya

Minggu 30-10-2022,23:33 WIB
Reporter : Mochammad Rafly Akbar
Editor : Doan Widhiandono

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Suasana Hotel Wyndham Surabaya terasa begitu kelam, Sabtu, 29 Oktober 2022. Dekorasinya cenderung gelap. Tidak cerah-meriah sebagaimana layaknya hotel.

 

Itu memang disengaja. Sebab, hotel tersebut sedang memeriahkan Halloween. Agar suasana makin asyik, para staf hotel serta pengunjung juga mengenakan kostum.

 

Hotel Wyndham memang ingin mengenalkan Halloween itu sebagai salah satu keragaman budaya dunia. Agar pengunjung bisa mengenal budaya negeri lain.

 

Karena itu, para staf mengenalkan tradisi Halloween tersebut. Misalnya soal kostum. Ada yang berpakaian penyihir, atau sosok berjubah hitam seperti di film Saw. Ada juga yang berpakaian minions seperti di serial Squid Game.

 

Menu di restoran hotel pun menyesuaikan tema Halloween. Misalnya, bakso dan nasi goreng berdarah. Jangan takut, tentu bukan darah beneran yang dipakai makanan tersebut. Tetapi, kuah dan nasi itu memang berwarna merah. Itu berkat racikan dari pewarna makanan yang sepenuhnya aman dikonsumsi.

 

Para staf juga membagikan permen kepada anak-anak. Ini memang tradisi barat. Namanya, trick or treat.

 

Halloween sejatinya jatuh pada 31 Oktober. Di Barat, Halloween adalah malam sebelum hari peringatan untuk para arwah yang jatuh pada 1 November. Sampai sekarang, Gereja Katolik, misalnya, masih menjadikan 1 November sebagai hari untuk mendoakan arwah-arwah orang beriman.

 

Dalam perjalanannya, Halloween akhirnya menjelma sebagai budaya pop. Identik dengan pesta kostum dan seru-seruan.

 

Karena 31 Oktober itu bertepatan dengan Senin, hari sibuk, maka para staf hotel berpesta di akhir pekan.

 

Segala ornamen dan dekorasi pun sudah dipersiapkan sejak awal bulan. Dalam waktu 2-3 minggu, seluruhnya sudah dipasang di area lobi hotel. ’’Agar para pengunjung tahu bahwa kami akan mengadakan acara di lobi,’’ kata Caroline Rawung, Supervisor Front Desk Agent Hotel Wyndham.

 

Kostum yang dipakai para pengunjung pun dilombakan. Mereka harus mengunggah foto berkostum itu dengan latar belakang dekorasi Halloween tersebut ke media sosial. Hadiahnya menarik. Dua voucher sarapan gratis untuk dua orang di Hotel Wyndham.

 


Pengunjung memotret hiasan lobi Hotel Wyndham Surabaya.-Afdholul Arrozy-Harian Disway-

Pukul 19.00 malam itu, para staf juga mengisiasi flashmob di tengah lobi. Suasana pun meriah meski dibalut hawa kelam ala Halloween.

 

Setelah ini, Hotel Wyndham akan kembali sibuk. Awal November, hiasan Halloween itu harus dicopot. Sebab ada dekorasi baru yang akan dipasang: tema Natal. (Mochammad Rafly Akbar)

 

Kategori :