Erick Thohir Puji Bus Listrik G20 Karya PT INKA

Rabu 30-11-2022,22:00 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Salman Muhiddin

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Menteri BUMN Erick Thohir menggelar Malam Apresiasi Dukungan BUMN dalam G20 di Sasono Utomo & Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, kemarin, Selasa, 30 November 2022. Salah satu dukungan yang patut dibanggakan adalah Bus listrik E-Inobus bikinan anak bangsa PT INKA (Persero).

Bus tersebut adalah hasil kolaborasi dengan perusahaan karoseri Tentrem, perguruan tinggi dan Dikti. Baterainya pakai produk lokal ABC yang dirakit oleh ITS dan PT INKA. 

BACA JUGA: Bisa Coba Bus Listrik G20 di TMII

Usai digunakan di G20, bus dididstribusikan ke Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Keberhasilan itu menjadi batu loncatan untuk industri kendaraan listrik dalam negeri yang sangat dibutuhkan untuk masa depan. Anda sudah tahu: harga BBM makin menggila.


Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro menerima apresiasi atas dukungan E-Inobus bikinan PT INKA pada KTT G20.-INKA-

Erick mengatakan, Presidensi G20 Indonesia membuktikan Indonesia dapat sejajar dengan bangsa lain. “Selain mengajarkan diversity (keberagaman), yang paling penting G20 mensejajarkan kita dengan bangsa lain, ini yang harus kita pertahankan. Dalam transisi energi, BUMN juga mendukung terciptanya Electric Vehicle Ecosystem dengan memproduksi Bus Listrik oleh INKA,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam sambutannya. 

Erick mengapresiasi berbagai pihak yang telah berdedikasi demi suksesnya Presidensi G20 Indonesia. “Saya harus apresiasi, dibalik suksesnya pelaksanaan salah satu perhelatan dunia ini, banyak pihak yang bekerja keras luar biasa.” tambahnya.

Senior Manager TJSL PT INKA (Persero) Bambang Ramadhiarto mengatakan bahwa Bus Listrik yang dihadirkan dalam perhelatan G20 di Bali merupakan bukti kontribusi PT INKA (Persero) dalam mensukseskan acara tersebut.

“Kehadiran Bus Listrik E-Inobus PT INKA adalah bukti kompetensi kami kepada dunia bahwa Indonesia juga mampu memproduksi Bus Listrik. G20 menjadi momentum yang berharga bagi INKA untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya,” jelas Bambang.

Kategori :