Sinyal untuk Erick

Kamis 08-12-2022,09:02 WIB
Reporter : M. Taufik Lamade

MENTERI yang paling sibuk saat ini: Erick Thohir.

Menteri yang paling banyak diberitakan saat ini, juga Erick Thohir.

Kesibukannya pun di luar job sebagai menteri BUMN. Namanya ramai di atmosfer pemberitaaan dan menjadi buah bibir karena job ekstra dari RI-1. Yang tak ada sangkut pautnya dengan tugas mengurus perusahaan pelat merah itu. 

Sekarang Erick harus stand by di Solo. Ditunjuk sebagai ketua panitia resepsi perkawinan putra bungsu Jokowi, Kaesang.

Sebagai ketua panitia, ia turun langsung ke lapangan. Dari video yang beredar, ia ikut mengatur hal-hal kecil. Hal detail. Sampai posisi pot dan konfigurasi bunga yang menghiasi arena resepsi di Pura Mankunegaran menjadi perhatiannya.

Job side” Erick itu bukannya tidak dikritik publik. Suara netizen menganggap Erick bekerja di luar tugas pokoknya tersebut.

Itu menunjukkan bahwa Erick sangat dipercaya Presiden Jokowi. Begitu banyak orang yang berada di ring satu, tapi Erick-lah yang ditugaskan. Bagi siapa pun, acara perkawinan anak adalah momen yang sangat penting.

Ingat Jenderal (purn) Moeldoko. Saat resepsi perkawinan putri Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, Moeldoko mendapat tugas pidato atas nama keluarga Jokowi. Kepercayaan luar biasa untuk mantan panglima TNI tersebut.

Beberapa saat kemudian, Moeldoko yang saat itu ”nganggur” ditunjuk sebagai kepala staf presiden (KSP). Jabatan tersebut setara menteri. 

Nah, apakah Erick akan mendapat reward seperti Moeldoko? Erick sudah menteri, lantas apa? 

Panda Nababan, politikus PDIP, saat wawancara dengan Karni Ilyas, mengungkapkan bahwa dirinya pernah bertanya langsung ke Jokowi. Siapa yang dijagokan sebagai cawapres? Jokowi menyebut dua nama, Erick Thohir dan Sandiaga Uno. 

Melihat berbagai tugas tambahan yang diemban Erick, sangat besar kemungkinan menteri BUMN itulah  yang akan didorong Jokowi untuk pos cawapres. 

Mesranya hubungan Jokowi dan Erick bukan kali ini saja. Lihat saja, saat tragedi pilu Stadion Kanjuruhan, Malang, yang mengakibatkan lebih dari 130 pencinta bola meninggal dunia. Siapa menteri yang paling sibuk? Seharusnya Menpora. Nyatanya, Erick yang sibuk

Jokowi langsung memerintahkan bagaimana caranya agar Indonesia tidak disanksi FIFA. Maklum, Piala Dunia U-20 sudah di depan mata. Erick yang saat itu berada di Inggris langsung belok ke Swiss untuk menemui Presiden FIFA Gianni Infantino. 

Indonesia pun lolos sanksi. Bahkan, Gianni Infantino ikut diundang ke acara G20 di Bali. Erick-lah yang menjemputnya di Bandara Ngurah Rai, Bali. Komunikasi mereka lancar karena sudah kenal lama. Dekat, sejak Erick menjabat presiden Inter Milan, salah satu klub elite Seri A Italia. 

Kategori :