Bertemu di Semifinal Piala AFF 2022, Upaya Indonesia Membongkar Pertahanan Vietnam

Jumat 06-01-2023,10:46 WIB
Reporter : Ragil Putri Irmalia
Editor : Ragil Putri Irmalia

Piala AFF 2022 telah memasuki babak semifinal. Indonesia lolos semifinal dengan status runner up grup A. Untuk itu tim Garuda akan melawan Vietnam, yang menjadi juara grup A. Pertandingan leg pertama itu berlangsung pada Jumat (6/1) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pukul 16.30 WIB. 

 

Pertemuan dengan Vietnam tidak pernah menjadi hal mudah bagi Indonesia. Meski dari segi rekor pertemuan, Indonesia sedikit lebih unggul atas Vietnam. Dari 25 pertemuan sejak 1991, Indonesia delapan kali menang, tujuh kalah, dan 10 imbang.

 

Tetapi dari lima pertemuan terakhir, Indonesia hanya sekali menang atas Vietnam. Momen itu terjadi pada semifinal leg pertama Piala AFF 2016. Saat itu Indonesia mengalahkan Vietnam 2-1. Sisanya dari empat pertemuan, kedua tim bermain imbang dua kali dan Indonesia kalah dua kali.

 

Sebanyak dua kekalahan terakhir Indonesia dari Vietnam itu terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Pada Oktober 2019 Indonesia kalah 1-3. Kemudian kembali kalah empat gol tanpa balas pada Juni 2021. Pertemuan terakhir terjadi di semifinal Piala AFF 2020 dan berakhir imbang tanpa gol.

 

Pelatih Shin Tae-yong mengatakan saat ini kondisi timnas lebih baik daripada pertemuan-pertemuan sebelumnya melawan Vietnam. Saat itu masih terjadi Covid-19, latihan timnas tidak berjalan baik, dan liga terhenti.

 

“Sekarang sudah satu tahun berlalu. Pastinya semua orang akan merasakan Indonesia bukan lagi tim seperti sebelumnya Walaupun kami pernah kalah dari Vietnam, saat itu persiapan pendek tapi sekarang persiapan sudah cukup. Masa lalu adalah masa lalu. Mohon dukungannya,” kata Shin Tae-yong dalam sesi jumpa pers pada Kamis (5/1) di SUGBK.

 

Dari hasil penyisihan grup, Indonesia tiga kali kali menang dan sekali imbang. Selama empat pertandingan itu Indonesia mengemas 12 gol dan tiga kali kebobolan. Sedangkan Vietnam menang tiga kali dan sekali imbang. Tim asuhan Park Hang-seo itu melesakkan 12 gol dan belum kebobolan.

 

Dengan rapatnya pertahanan Vietnam, ini menjadi PR tersendiri bagi Indonesia. Apalagi masalah finishing masih menghantui skuad Garuda. Setelah kemenangan melawan Filipina, Shin Tae-yong marah dan menegur para pemain.

 

“Tetapi sekarang pemain harus bisa melupakan masa lalu. Latihan selama dua hari dan hari ini tentang finishing. Secara isi pertandingan sudah bagus dan semakin berkembang,” lanjut pelatih berusia 52 tahun itu.

Kategori :