Etika Nonton Konser

Rabu 01-03-2023,11:18 WIB
Reporter : Alifia Kamila
Editor : Salman Muhiddin

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Industri hiburan ikut merasakan dampak positif semenjak menurunnya kasus Covid-19. Salah satunya, konser.

 

Banyak penyelenggara yang seolah ‘balas dendam’ setelah harus vakum ngonser selama lebih dari dua tahun. Berbagai konser diselenggarakan dengan menghadirkan bintang tamu, baik dari dalam maupun luar negeri.

 

Hal ini pastinya sangat disambut hangat oleh masyarakat yang telah menantikan momentum tersebut. 

 

Namun, mirisnya, banyak kejadian tak diinginkan terjadi selama konser berlangsung. Tak jarang, sebuah konser diiringi dengan dorong-dorongan hingga anarkis yang menyebabkan acara harus dihentikan.

 

Bila tak ingin mengalami kejadian itu, berikut ada beberapa etika menonton konser yang perlu diketahui:

 

Baca Aturan Konser dari Panitia

Agar dapat memasuki venue , setiap penonton yang hadir harus mengikuti peraturan yang ada. Tentunya, tiap konser memiliki aturannya masing-masing. Misalnya, konser K-pop yang biasanya mengharuskan penggunaan tas PVC atau transparan untuk mempermudah proses pengecekan.

 

Detail seperti ini lah yang harus diperhatikan menjelang pelaksanaan konser. Pastikan untuk memahami setiap aturan yang berlaku. Selain memudahkan diri sendiri, hal ini dapat menguntungkan penonton lainnya dengan tidak menghambat proses pengecekan. 

 

Siapkan Tiket Sebelum Memasuki Venue

Hal tak kalah penting selanjutnya adalah memastikan bahwa tiket sudah ada di genggaman. Pemandangan penonton yang kelabakan mencari tiket saat sudah berada di antrean tak jarang ditemui.

 

Maka dari itu, bagi pembawa tiket fisik, periksa kembali jika tiket tersebut sudah aman di dalam tas. Sedangkan, untuk pemegang e-ticket , siapkan file atau bukti screenshot yang dibutuhkan. 

 

Baris Sesuai Antrean

Sebelum memasuki area konser, penonton diwajibkan untuk antre terlebih dahulu. Tidak sedikit pihak penyelenggara yang mewajibkan penontonnya untuk antre di bawah terik matahari.

 

Meskipun situasi seperti ini sangat mengganggu, pastikan untuk tetap berada sesuai dengan barisan dan tidak menyerobot. Hal-hal kecil seperti menyerobot ini yang dapat menimbulkan masalah besar seperti dorong-dorongan dan berakhir ricuh. 

 

Tonton konser dengan tertib

Merasa excited saat menghadiri konser tentu hal yang lumrah. Namun, jangan sampai rasa itu mengganggu orang lain. Bagi penonton pasti pernah merasa begitu bersemangat untuk mendapat posisi terdepan dan tak sadar mendorong penonton lain.

 

Belum lagi, penggunaan berbagai macam atribut agar dinotis idola di atas panggung. Cara seperti ini pasti dapat membuat orang lain tidak nyaman. Lakukan hal yang sewajarnya karena setiap penonton yang datang berhak untuk merasakan euphoria yang sama.

 

Merekam dengan Sewajarnya

“Kapan lagi bisa nonton grup mereka kalau nggak sekarang?” Mungkin, pemikiran itu sering muncul di benak saat menonton konser. Hasilnya, bukan menikmati, tapi berujung sibuk merekam semua momen yang ada.

 

Apalagi, nggak sadar kalau sudah mengangkat kamera terlalu tinggi dan menghalangi pemandangan penonton di belakang. Merekam bukan lah sebuah pelanggaran. Namun, selalu ingat untuk merekam dengan eye level atau setara dengan mata agar tidak mengganggu.

 

Selain itu, jangan lupa untuk menikmati setiap momen yang ada tanpa harus mengabadikannya. 

Etika-etika tersebut sangat perlu untuk dipahami dan diterapkan agar dapat menciptakan suasana konser yang lebih nyaman. Tak hanya itu. Bintang tamu yang hadir pun akan merasa lebih dihargai oleh para penonton yang tertib. (Alifia Kamila)

 

Kategori :