Pendaftaran Mudik Gratis Sudah Dibuka

Selasa 28-03-2023,05:00 WIB
Reporter : Michael Fredy Yacob
Editor : Michael Fredy Yacob

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kembali ke kampung halaman saat hari raya keagamaan adalah impian dari setiap perantau. Momen itu menjadi waktu terbaik untuk bersilaturahmi. Namun, sayangnya, minimnya uang menjadi alasan terbesar mereka untuk terpaksa tidak pulang kampung.

Beruntung, Pemerintah Provinsi Jawa Timur punya program mudik gratis. Sehingga, permasalahan tadi, bisa terselesaikan. Masyarakat yang ingin memanfaatkan fasilitas itu, sudah bisa mendaftarkan diri. Siang tadi, 27 Maret 2023, pendaftarannya sudah dibuka.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sebanyak 161 armada bus disiapkan dalam mudik gratis ini. Nantinya, bus itu akan diberangkatkan dari Surabaya menuju 20 kabupaten-kota di Jawa Timur.

“Pendaftarannya, mulai hari ini sampai 10 april 2023. Melalui alamat website mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id. Masyarakat bisa mulai mendaftarkan diri secara online,” ungkapnyi di Gedung Negara Grahadi, Senin, 27 Maret 2023.

Untuk bisa memanfaatkan pelayanan itu, masyarakat juga harus memenuhi sejumlah persyaratan. Seperti: fotokopi KTP dan KK secara online, serta sudah vaksin booster.

“Pemberangkatan  mudik gratis untuk area Jawa Timur akan dimulai pada 19 April 2023 dan diberangkatkan di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur,” tegasnyi. 

Pemprov Jatim juga menyiapkan menyiapkan 34 bus dari Jakarta menuju Jawa Timur. 20 bus di antaranya akan diberangkatkan pada 18 April. Dari Jakarta menuju Jawa Timur. Serta 14 bus sisanya, akan diberangkatkan dari Jatim menuju Ibu Kota Negara Indonesia itu.

Demi memperluas sasaran masyarakat yang ingin melaksanakan mudik gratis, Pemprov Jatim memberikan bantuan mudik gratis kepada stakeholder sebanyak 37 bus. “Tahun ini diprediksi akan menjadi Hari Lebaran Idul Fitri yang begitu hangat. Karena bisa berkumpul bersama keluarga di Kampung halaman, di tengah pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19,” jelasnyi.  

Pemprov Jatim juga menyediakan satu kapal laut untuk mengantar masyarakat kepulauan. Menggunakan KMP Wicitra Dharma I. Kapal itu, memiliki kapasitas 2.400 penumpang. Serta memiliki kapasitas pengangkut motor sebanyak 400 unit. Rutenya Jangkar-Raas.

Untuk transportasi laut ini, pendaftarannya dibuka mulai 1 April nanti. Serta akan berakhir pada 20 April 2023. Pendaftarannya secara offline. “Kami memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mudik di Pulau Raas. Dengan langsung mengunjungi loket operator PT. DDU di Pulau Raas dan pelabuhan Jangkar,” jelasnyi.

Tahun ini, ada inovasi untuk mengurangi serta mengurai kemacetan di jalan raya. Yakni dengan mengangkut sepeda motor melalui mudik gratis sepeda motor. Itu akan diberangkatkan pada 18 April 2023. Tujuannya: Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Jember, dan Banyuwangi. 

“Kita siapkan kendaraan untuk  pemudik dan mengangkut 400 kendaraann. Semoga seluruh ikhtiar ini bisa menghadirkan libur hari raya Idul Fitri 1444 H dengan aman, nyaman, dan bisa urai kemacetan selama gelaran mudik tahun 2023,” tegasnyi. (*)

Kategori :