MU Cari Pengganti David de Gea, Terlalu Sering Blunder

Minggu 23-04-2023,15:25 WIB
Reporter : Bagus Aji
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - Manajer Manchester United Erik ten Hag ingin mengganti David de Gea. Rumor itu mencuat setelah MU tersingkir di Liga Eropa dengan kekalahan 3-0 melawan Sevilla. 

Menurut The Athletic, de Gea sering membuat kesalahan fatal dan menjadi penyebab kekalahan tim. Legenda Manchester United seperti Paul Scholes telah beberapa kali menyoroti kelemahan kiper kawakan MU itu. Blunder yang dilakukan sering dieksploitasi lawan jadi gol.

Ten Hag berencana untuk mencari kiper baru di bursa transfer pemain mendatang. Ia juga  memprioritaskan belanja pemain lini depan dan posisi gelandang tengah.

Kontrak de Gea habis Juni mendatang. United telah memasukkan nama Bart Verbruggen, kiper muda asal Belanda yang bermain untuk Anderlecht, dalam daftar incarannya.


Bart Verbruggen ketika bermain di Anderlecht pada ajang UEFA Conference League 2022/2023.-UEFA-

Verbruggen dipanggil untuk membela Belanda di Kualifikasi Euro 2024 setelah tampil cukup bagus di liga domestik dengan enam kali nirbobol dari 13 laga yang ia mainkan.

Perjalanan David de Gea

David de Gea adalah kiper asal  Spanyol kelahiran 7 November 1990 di Madrid. Karir sepak bola profesionalnya dimulai pada tahun 2009 ketika dia bergabung dengan tim utama Atletico Madrid di La Liga, setelah melewati beberapa tahun di akademi klub tersebut.

De Gea menjadi kiper utama Atletico pada tahun 2010, dan membantu klub tersebut memenangkan Liga Europa pada tahun yang sama. Ia juga terpilih sebagai kiper terbaik Liga Europa dan mendapatkan penghargaan Zamora Trophy sebagai kiper terbaik di Spanyol.


De Gea didatangkan ke MU pada 2011 oleh Sir Alex Ferguson.-Manchester United-

Pada tahun 2011, De Gea bergabung dengan klub raksasa Inggris Manchester United dengan biaya transfer 18 juta Poundsterling. Setelah awal yang sulit, ia berhasil mengukir nama sebagai salah satu kiper terbaik di dunia dengan penampilan gemilang di bawah mistar gawang Setan Merah.

Ia memenangkan gelar Liga Premier pertamanya bersama Manchester United pada musim 2012/2013, dan tiga gelar lainnya di musim-musim selanjutnya. Ia juga membantu Manchester United memenangkan Piala FA pada tahun 2016.

De Gea juga meraih sejumlah penghargaan individu selama karirnya di Manchester United, termasuk penghargaan Pemain Terbaik Manchester United selama empat tahun berturut-turut, dan terpilih sebagai kiper terbaik Liga Premier pada tiga musim.

Di level internasional, De Gea mewakili tim nasional Spanyol di berbagai turnamen, termasuk Piala Dunia FIFA 2014 dan 2018 serta Kejuaraan Eropa UEFA 2016. 

Secara keseluruhan, perjalanan karir De Gea sangat sukses dan ia telah menjadi salah satu kiper terbaik di dunia selama beberapa tahun. Namun karirnya mulai menurun. Timnas Spanyol tak memakainya saat Piala Dunia 2022 di Qatar. Ia kalah saing dengan Unai Simon, Robert Sanchez dan David Raya. (*)

Kategori :