4 Novel Tema Sosial yang Asyik sebagai Teman Kala Senggang

Jumat 12-05-2023,09:17 WIB
Reporter : Dave Yehosua Tiranda Bongga
Editor : Heti Palestina Yunani

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Waktu senggang dan rebahan, dua hal yang selalu menemani liburan kita. bagaimana cara asyik tetap produktif tanpa harus malas-malasan seharian ya. Pilihannya banyak.  di antaranya membaca.

Banyak pilihan membaca buku apa, salah satunya novel. Isinya yang unik dan selalu penuh intrik membuat pembaca nyaman untuk membuka tiap lembarnya. Berbagai genre pasti memiliki kisahnya sendiri.

Novel dengan genre sosial bisa jadi menarik untuk dibaca. Namun, seringkali novel sosial memiliki cerita yang kompleks dan sulit dipahami. Nah ini nih ada beberapa judul novel yang isinya ringan dan asyik untuk dibaca kala senggang.

1. Animal Farm

Sebuah novel klasik yang ditulis salah satu tokoh pencetus ilmu politik. George Orwell. Pernah berpikir tentang pemberontakan hewan terhadap manusia? Nah, novel ini meceritakan kisah itu. Bayangkan saja setelah memberontak mereka membuat semacam “negara” yang problematik tapi unik.

2. Orang Aneh (Stranger)


Buku Orang Aneh--bukukita.com

Ditulis oleh pesepak bola sekaligus seorang ahli filsafat, Albert Camus dengan aliran Absurdisme. Novel ini sangat unik sekaligus aneh. Bagaimana seseorang bisa masuk penjara karena tidak menangis di pemakaman ibunya? itulah pertanyaan yang akan membayangi kita ketika membaca novel ini.

3. Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas


Buku Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas--jtbooks.my

Novel yang intinya tentang pembalasan dendam seorang istri untuk suaminya ini ditulis oleh Eka Kurniawan. Dipenuhi dengan perkelahian dan gaya bicara jalanan novel ini begitu menyentil untuk para laki-laki. Novel ini mengupas bagaimana pemikiran laki-laki hanya sekedar tentang menjadi sosok maskulin tanpa memikirkan orang lain.

4. Laut Bercerita


Buku Laut Bercerita--marhaenpress.com

Penasaran dengan gerakan aktivis pada tahun 1998? Novel ini bisa menjadi sebuah referensi untuk melihat gambaran dari aktivis dulu. Begitu intens dengan alur perjalanan yang mirip roller coaster. Naik turun. Akan membuat kita betah untuk membaca tiap lembarnya. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait