Juara Lagi, Veddriq Leonardo Makin Kokoh sebagai Climber Speed No 1 Dunia

Senin 22-05-2023,16:21 WIB
Reporter : Ragil Putri Irmalia

Veddriq Leonardo kembali menjuarai IFSC World Cup. Untuk ketiga kalinya, Veddriq menjadi yang tercepat di IFSC World Cup seri Salt Lake City. Dengan capaian itu Veddriq semakin mantap di puncak ranking dunia nomor speed dengan raihan 2545 poin.

 

Pada Minggu (21/5) di Salt Lake City, Amerika Serikat, Veddriq menjadi juara dunia speed. Ia mencatat waktu 4,95 detik. Selisih 0,5 detik dari rekor dunia yang ia ciptakan di Seoul, Korea Selatan pada April lalu.

 

Dalam IFSC World Cup 2023 Seri Salt Lake City ini, Veddriq mengalahkan Wu Peng. Climber asal Tiongkok itu menjadi runner up dalam waktu 6,99 detik. Wu Peng juga berada di ranking kedua dunia dan berjarak 636 poin dari Veddriq.

 

“Saya sangat senang dan bersyukur atas hasil ini karena ini adalah medali emas ketiga saya di Salt Lake City. Saya berharap pada seri World Cup berikutnya saya bisa mengulang kesuksesan seperti di sini,” kata Veddriq dilansir melalui laman resmi IFSC.

 

Indonesia juga berhak atas podium ketiga atas nama Kiromal Katibin. Ia mencatat waktu 4,98 detik dan mengalahkan Samuel Watson (Amerika Serikat) yang meraih waktu 5,98 detik. Katibin sendiri sempat mengalami cedera kaki saat menjalani babak gugur.

 

Dalam IFSC World Cup 2023 Seri Salt Lake City ini, Indonesia juga meraih perak pada kategori putri. Made Rita Kusuma Dewi harus mengakui keunggulan Aleksandra Miroslaw. Pada babak final (20/5) itu, Rita mencatat waktu 6,82 detik. Sedangkan Miroslaw menjadi yang tercepat dalam waktu 6,43 detik.

 

Melalui keterangan resminya pada Senin (22/5), Ketua Umum FPTI Yenny Wahid mengaku puas atas capaian para atletnya. Ia berharap performa mereka bisa terus meningkat demi tampil di Olimpiade Paris 2024 mendatang.

 

“Tentu ini menjadi hasil positif yang sangat mengesankan bagi saya di mana mereka mampu menyelesaikan final di bawah 5 detik. Ini adalah progres yang sangat luar karena mereka selalu menampilkan kemajuan dalam setiap penampilannya,” ujar Yenny.

Kategori :