Kado Khofifah, Ayo Nikmati Bus Trans Jatim Bungurasih-Mojokerto Gratis 21-27 Agustus

Senin 21-08-2023,11:34 WIB
Reporter : Matthew Chandra
Editor : Tomy Gutomo

MOJOKERTO, HARIAN DISWAY - Bus Trans Jatim punya trayek baru. Dari Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo ke Terminal Kertajaya, Mojokerto PP. Selama seminggu, 21-27 Agustus 2023, masyarakat bisa naik bus itu gratis. Itu kado Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk masyarakat dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI. 

Trans Jatim koridor II bertema Tribhuwana Tunggadewi diresmikan Khofifah di Terminal Kertajaya, Mojokerto, 20 Agustus 2023. Melayani rute Terminal Kertajaya Mojokerto – Terminal Purabaya Sidoarjo PP dengan melintasi 53 halte. Dengan jumlah armada bus yang dioperasionalkan sebanyak 20 bus dan 2 bus cadangan.

Khofifah bersama Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari juga mencoba merasakan bus dengan berkeliling di Terminal Kertajaya.

BACA JUGA:Tahun Ini Bus dan Koridor Trans Jatim Ditambah


Khofifah bersama para pelajar Mojokerto saat meresmikan Bus TransJatim Koridor II di Mojokerto.-Humas Pemprov Jatim-

Bus tersebut beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00-21.00 dengan waktu tunggu antar bus 15 menit di jam sibuk. Atau bisa 20-30 menit di jam non sibuk. 

Menurut Khofifah, Pemprov Jatim berkomitmen menyediakan sarana transportasi yang aman dan nyaman. Bus Trans Jatim merupakan bagian dari penyediaan sistem transportasi publik, utamanya bagi warga di wilayah Aglomerasi Surabaya (Surabaya-Gresik-Sidoarjo-Mojokerto).

”Melalui Bus Trans Jatim ini, mobilitas  masyarakat aglomerasi Surabaya Insya Allah jadi bisa lebih cepat, lebih murah, dan lebih bisa dipastikan jam keberangkatannya. Insya Allah lebih terjamin keamanan  dan kenyamanannya,” ungkap Khoffiah.


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memecah kendi saat meresmikan rute baru Bus Trans Jatim koridor II di Mojokerto. -Humas Pemprov Jatim-

BACA JUGA:Mulai Diminati, Trans Jatim Akan Tambah 11 Unit

Fasilitas di bus ini juga cukup lengkap. Mulai dari AC, CCTV, ramah disabilitas, serta memiliki sistem keamanan berkendara. Lihat saja ada kamera artificial intelligence untuk mengontrol dan mengatur kecepatan bus serta mendeteksi dan memperingatkan pelanggaran dalam operasional.

”Sehingga kalau nanti ada apa-apa di jalan bisa langsung terlaporkan ke pusat kendali. Jadi keamanannya bisa dijamin,” tegasnya.

Penumpang, kata Khofifah, bisa memantau posisi bus melalui aplikasi Trans Jatim-Ajaib lewat smartphone masing-masing. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan informasi Suroboyo Bus serta ke depannya akan terintegrasi pula dengan Kereta Commuter Indonesia.

”Saat ini sistem pembayaran Trans Jatim juga sudah terintegrasi dengan Kereta Commuter Indonesia melalui Kartu Multi Trip. Jadi satu kartu bisa untuk pembayaran Trans Jatim maupun Kereta Commuter. Penumpang tinggal turun/naik pada halte terdekat dengan stasiun," terangnya.

BACA JUGA:Trans Jatim Mulai Diandalkan, Serapan Melebihi Target

Kategori :