Tanggal 3 Juni Dikenal Hari Apa? Ada Hari Pasar Modal Indonesia

Senin 03-06-2024,11:07 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Noor Arief Prasetyo

Hari Jadi Kota dan Kabupaten Bogor

Datang dari Indonesia lagi, peringatan yang hadir juga setiap tanggal 3 Juni adalah Hari Jadi Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Di tahun 2024 ini, keduanya akan merayakan usia yang ke-542 tahun. Julukan yang sangat identik dengan Bogor adalah Kota Hujan, karena curah hujannya yang tinggi di wilayah tersebut.

Kota Bogor sendiri terdiri dari enam kecamatan dengan populasi sekitar 1.081.009 jiwa. Sedangkan, Kabupaten Bogor memiliki 40 kecamatan dengan jumlah penduduk sekitar 5.715.000 jiwa pada tahun 2019, menjadikannya wilayah dengan populasi terbanyak di Indonesia.

BACA JUGA:Hari Sklerosis Ganda Sedunia 30 Mei: Sejarah Peringatan, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Penetapan Hari Jadi Kota dan Kabupaten Bogor pertama kali dibahas pada tahun 1971. Pemerintah dari kedua wilayah tersebut mengadakan pertemuan untuk menentukan tanggal peringatan.

Hasil dari pertemuan tersebut menetapkan tanggal 3 Juni sebagai Hari Jadi Kabupaten dan Kota Bogor. Penetapan ini didasarkan pada tanggal dinobatkannya Prabu Siliwangi sebagai Raja Susuhunan Padjajaran di Pakuan, Bogor pada 3 Juni 1482.

BACA JUGA:Tanggal 29 Mei Memperingati Hari Apa? Ada Hari Lansia Nasional

Itulah ketiga peringatan yang hadir pada 3 Juni setiap tahunnya. Mulai dari Hari Pasar Modal dan Hari Jadi Kota dan Kabupaten Bogor dari Indonesia hingga Hari Sepeda yang dirayakan masyarakat sedunia. (Jessica Laurent)

Kategori :