Cristiano Ronaldo Pensiun dari Timnas Portugal? Begini Kata Roberto Martinez

Sabtu 06-07-2024,10:00 WIB
Reporter : Hilmy Maulana
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Portugal tersingkir dari Euro 2024 setelah kalah adu penalti dari Prancis di perempat final. Kekalahan itu memicu pertanyaan tentang masa depan Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal.

Pelatih timnas Portugal Roberto Martinez tak mau memberi kepastian soal apakah ini adalah pertandingan terakhir Ronaldo untuk Selecao das Quinas.

Ia menyatakan bahwa masih terlalu dini untuk memastikan apakah Cristiano Ronaldo bakal pensiun setelah Euro 2024. Terutama setelah Portugal tersingkir dari Euro 2024 oleh Prancis di Hamburg pada Sabtu, 6 Juli 2024 dini hari.

BACA JUGA:Portugal vs Prancis 0-0 (3-5): Les Bleus Tantang Spanyol di Semifinal Euro 2024

"Masih terlalu dini dan menyakitkan untuk membicarakan hal itu setelah pertandingan. Dari individunya sendiri (Ronaldo, Red) belum memutuskan apa-apa," tutur Martinez dalam konferensi pers pasca pertandingan, seperti dikutip BBC.


PORTUGAL vs Prancis 0-0 (3-5): Les Bleus tantang Spanyol di semifinal Euro 2024. Foto: Cristiano Ronaldo banyak membuang peluang.-Franck Fife-AFP

Portugal kalah 3-5 melalui adu penalti di perempat final Euro 2024. Setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol selama 120 menit. Ronaldo melewatkan peluang emas di perpanjangan waktu, namun berhasil mencetak gol dalam adu penalti.

Kekalahan tersebut merupakan penampilan ke-212 Ronaldo untuk Portugal. Sejauh ini, ia telah mencetak 130 gol untuk negaranya, angka tertinggi di level internasional. Lionel Messi baru-baru ini naik ke posisi kedua dengan 108 gol.

BACA JUGA:Sesumbar Didier Deschamps Jelang Laga Portugal vs Prancis: Kami Punya Kualitas!

BACA JUGA:Ronaldo di Mata Mbappe: Lebih dari Sekadar Pesaing di Portugal vs Prancis!

Ronaldo, yang kini berusia 39 tahun, kesulitan untuk mengulang kejayaannya saat membawa Selecao das Quinas juara Euro 2016. Tahun ini, ia bahkan meninggalkan Euro 2024 tanpa mencetak gol sekalipun. Selain dalam dua kali adu penalti melawan Slovenia dan Prancis.

Ini merupakan kali pertama dalam kariernya ia gagal mencetak gol di turnamen mayor. Ia membukukan 10 tembakan ke gawang, tapi menghasilkan gol sama sekali. Ia menyamai rekor Kevin De Bruyne pada Euro 2016.

Belum diketahui apakah pemain yang mengemas 5 Ballon d'Or itu akan terus bermain untuk Portugal hingga Piala Dunia 2026. Saat itu, usianya sudah 41 tahun.

BACA JUGA:Portugal vs Slovenia: Ronaldo Ubah Gaya Penalti, Sukses Tundukkan Oblak!

Dan itu bukannya tidak mungkin. Karena di sektor belakang Portugal ada bek tengah Pepe, yang sudah berusia 41 tahun tapi masih menjadi palang pintu terkuat buat Selecao das Quinas.

Kategori :