Bank Digital RI Tumbuh Pesat! Gara-gara Gen Z?

Rabu 10-07-2024,11:51 WIB
Reporter : Desi Nur Rachma
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Perbankan Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan konsisten dalam beberapa tahun terakhir.

Pada Mei 2024, Bank Indonesia (BI) mencatat nominal transaksi perbankan digital mencapai Rp 5.570,49 triliun, meningkat 10,82% secara tahunan.

Begitu pula riset terbaru dari Populix bertajuk Studi Analisis Ekosistem dan Persepsi terhadap Bank Digital di Indonesia menunjukkan sebagai berikut:

  • Fitur keamanan data dan transaksi 31%
  • Fleksibilitas dalam mengakses aplikasi 12%
  • Integrasi dengan layanan keuangan lain 11%
  • Promo khusus 10%

Poin-poin itu adalah faktor utama yang dicari dari aplikasi bank digital. Faktor-faktor tersebut mendukung pesatnya laju perbankan digital di Indonesia.

BACA JUGA:Prof Sautama Dikukuhkan Jadi Guru Besar ke-18 di PCU, Soroti Rendahnya Literasi Keuangan hingga Sikap Konsumtif Gen Z

BACA JUGA:Sandiaga Uno Sebut Gen Z Sulit Punya Rumah Tanpa Program Seperti Tapera


Gen Z Disarankan untuk Mulai Lirik Investasi Emas, Tabungan Jangka Panjang-Disway/Sabrina Hutajulu-

"Pertumbuhan perbankan digital didorong kuat oleh Gen Z yang merupakan kelompok generasi terbesar saat ini. Sebagai generasi pertama yang tumbuh dengan akses internet dan teknologi digital sejak usia muda, Gen Z memainkan peran penting dalam ekosistem perekonomian digital," ucap VP of Research Populix, Indah Tanip, Selasa, 9 Juli 2024.

Indah menjelaskan bahwa SeaBank, Bank Jago, dan Blu by BCA adalah tiga bank digital terbesar yang menjadi pilihan Gen Z. S

eaBank menguasai 57% pangsa pasar, Bank Jago 36%, dan Blu by BCA 26%. Hasil survei menunjukkan bahwa SeaBank memiliki seluruh fitur yang dicari oleh nasabah.

Keterbukaan Gen Z terhadap teknologi dan internet mendorong mereka untuk memiliki ekspektasi berbeda terhadap produk dan layanan perbankan.

BACA JUGA:6 Ide Kegiatan Lomba Hari Kartini Bagi Gen Z

BACA JUGA:Tren Bank Digital

"Bank digital menjadi jawaban atas keinginan mereka terhadap transaksi yang cepat, nyaman, dan aman," jelas Indah dalam konferensi pers mengenai persepsi Gen Z terhadap bank digital di Indonesia, kemarin.

Oleh karena itu, imbuhnya, para pemain bank digital dituntut untuk terus berinovasi memberikan solusi perbankan dan fitur yang sesuai dengan harapan para nasabah lintas generasi, terutama Gen Z.

Kategori :