Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Program Pamsimas Desa Sepanjang Banyuwangi

Sabtu 07-09-2024,12:37 WIB
Reporter : Tri Septi Hari Nikita*
Editor : Noor Arief Prasetyo

BPD dan tiga pilar yang terdiri dari Kepala Desa, Babinsa, dan Babhimkamitbnas tersebut berperan sebagai lembaga perwakilan masyarakat. Tujuannya agar pembangunan yang dilakukan benar-benar bermanfaat dan bisa menyelesaikan masalah ketersediaan air yang selama ini menjadi masalah bagi masyarakat sekitar.

"Kedepannya kita harus terus berinovasi untuk membangun akses air bersih ini karena ini kebutuhan masyarakat yang vital dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Maka kesungguhan pihak terkait yakni Hippam dituntut bekerja dengan baik," lanjut Rojikin.

Program Pamsimas sendiri telah berjalan selama lebih dari 14 tahun dan telah mencapai capaian yang signifikan. Menurut laman resmi Pamsimas, Program PAMSIMAS I (2008-2012) dan PAMSIMAS II (2013-2015), telah berhasil menambah akses air minum aman bagi 10,4 juta jiwa dan akses sanitasi layak bagi 10,4 juta jiwa di lebih dari 12.000 desa/kelurahan yang tersebar di 233 kabupaten/kota di 32 provinsi di Indonesia. (*)

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tips dan Trik Menembus Media Massa

*Artikel ini ditulis oleh Tri Septi Hari Nikita, mahasiswa Politeknik Negeri Malang, peserta Magang Regular di Harian Disway

Kategori :