Tekan Laka Lantas, Polres Ponorogo Gelar Ramp Check Bus di Terminal Seloaji

Sabtu 07-09-2024,15:43 WIB
Reporter : Noor Arief Prasetyo
Editor : Noor Arief Prasetyo

HARIAN DISWAY -  Kecelakaan di jalan bisa juga disebabkan karena kendaraan yang tidak laik. Salah satu cara pencegahan adalah melakukan pemeriksaan rutin. Seperti yang dilakukan Satlantas Polres Ponorogo menggelar Ramp Check Bus di Terminal Type A Seloaji Ponorogo.

Ramp Check Bus adalah  proses pemeriksaan kondisi fisik bus serta kelengkapan administrasi kendaraan serta perizinan sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan atau tidak. Petugas juga mengecek kesehatan awak bus. Termasuk kemungkinan mengonsumsi narkoba atau minuman keras.

Kegiatan ini melibatkan Dinas Perhubungan itu dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

BACA JUGA:Polres Ponorogo Ungkap Pembunuhan yang Direkayasa Kecelakaan


Kasat Lantas Polres Ponorogo AKP Bayu Pratama Sudirno memberi imbauan tertib berlalu lintas.-Humas Polres Ponorogo-

Menurut Kasat Lantas Polres Ponorogo AKP Bayu Pratama Sudirno, pengecekan dilakukan secara menyeluruh mulai surat izin mengemudi sopir, STNK, buku kir, dan surat pengawasan. "Sementara untuk pemeriksaan laik jalan kendaraan, meliputi kondisi fisik kendaraan hingga standar keselamatan yang bertujuan mengantisipasi terjadinya laka lantas dari faktor manusianya dan kendaraannya," jelas AKP Bayu.

Semua bus, lanjut Kasat AKP Bayu, harus diperiksa baik yang antarkota dalam provinsi (AKDP) hingga antarkota antarprovinsi (AKAP).  Cek kesehatan bagi awak bus, lanjut Kasat AKP Bayu, dilakukan pada sopir, kernet, maupun kondektur. "Meliputi dicek tensi, psikologi, hingga kondisi tubuhnya,"katanya.

Kapolres Ponorogo AKBP Anton Prasetyo mengatakan bahwa kegiatan ini rutin digelar untuk memastikan angkutan umum dari Terminal Seloaji ini beroperasi dengan aman dan nyaman bagi penumpang.  "Keselamatan penumpang merupakan prioritas utama," pungkasnya. (*)

 

Kategori :