Balaton Park Masuk Kalender MotoGP 2025, Jack Miller Gabung Yamaha

Minggu 22-09-2024,10:49 WIB
Reporter : Bagus aji
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - Jelang dimulainya Grand Prix MotoGP Emilia Romagna di San Marino, terdapat dua kabar penting yang menyertainya.

Pertama, Jack Miller secara resmi menandatangani kontrak satu musim untuk mengendarai Yamaha YZR-M1 di tim satelit Yamaha-Pramac Racing pada musim 2025.

Kedua, MotoGP akan kembali memasukkan Hungaria ke dalam rangkaian seri musim 2025. Namun, bukan di sirkuit legendaris Hungaroring, melainkan di sirkuit baru, Balaton Park.

Terkait kalender MotoGP 2025, pihak penyelenggara akan segera merilisnya dalam waktu dekat.

BACA JUGA:Quartararo Berjuang dengan Yamaha YZR-M1 saat Mesin Eropa Mendominasi, Sirkuit Mandalika Jadi Ajang Pembuktian!

BACA JUGA:GP Emilia Romagna: Pecco Bagnaia Rajai Kualifikasi dan Sprint Race, Momentum Kudeta Jorge Martin?

Kabar mengenai masuknya sirkuit Balaton Park di MotoGP 2025 akan sangat bermanfaat bagi Marc Marquez. Sebagai informasi, Marquez adalah pembalap yang memiliki keterampilan penguasaan motor yang sangat baik saat menghadapi tikungan ke kiri.

Balaton Park memiliki 16 tikungan, terdiri dari sepuluh tikungan kiri dan enam tikungan kanan, yang menjadi konfigurasi ideal bagi Marquez, yang unggul di trek dengan karakter seperti ini.

Sirkuit ini dirancang oleh insinyur asal Hungaria, Ferenc Gulacsi, dan sedikit berbeda dari sirkuit-sirkuit lain di dunia yang didominasi oleh desain karya Hermann Tilke atau Jarno Zaffelli.

Dibuka pada tahun 2023, sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4.115 km (2.557 mi) dan menjadi sirkuit kedua di Hungaria yang memenuhi persyaratan Grade 1 dari FIA, selain Hungaroring.

Tata letak sirkuit Balaton Park mirip dengan sirkuit Sachsenring di Jerman, di mana setelah start, pembalap disambut dengan belokan ke kanan pertama, diikuti oleh serangkaian tikungan ke kiri.

BACA JUGA:GP Emilia Romagna 2024: Sembuh Total, Pecco Bagnaia Pertajam Rekor di Misano

BACA JUGA: MotoGP 2025: Jack Miller Gabung Tim Satelit Yamaha-Pramac Racing

Sirkuit Balaton Park tampaknya akan menjadi taman bermain yang sempurna bagi beberapa mantan juara dunia, yang sering mendominasi di sirkuit dengan karakter serupa.

Sektor terakhir di sirkuit ini memiliki tiga rangkaian tikungan teknis yang sangat ketat, yang dapat menjadi tempat bagi Marquez untuk membuat perbedaan, yaitu di tikungan 13, 14, dan 15.

Kategori :