Debut IKN Jadi Kontingen di PON XXI Aceh-Sumut, Raih Beberapa Medali

Sabtu 21-09-2024,21:26 WIB
Reporter : Taufiqur Rahman
Editor : Taufiqur Rahman

MEDAN, HARIAN DISWAY – Ibu Kota Nusantara (IKN) tahun ini diperkenalkan sebagai salah satu kontingen peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Medan. Hasilnya pun tidak mengecewakan. 

PON XXI Aceh-Sumut 2024 sendiri selesai dan ditutup secara resmi pada Sabtu malam, 20 September 2024 di Sport Center Sumut, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Dalam acara tersebut, kontingen IKN juga hadir. Menurut Otorita IKN, momentum ini digunakan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat terkait IKN yang saat ini sudah berprogres baik. Tak hanya itu, atlet IKN juga mendapat prestasi yang membanggakan di beberapa cabang olahraga (Cabor).

BACA JUGA:Masyarakat Antusias Nikmati Ibu Kota Baru, Ini Pesan OIKN

Plt. Kepala Otorita IKN yang juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyampaikan atensi IKN ikut di dalam PON kali ini. Meskipun hasilnya belum sebagus provinsi lain. “Ya saya kira ini bukan soal prestasinya, tapi juga untuk mengayubagyo, dan sosialisasi bahwa ada IKN di Kalimantan Timur,” jelas Basuki.  


Kontingen IKN dalam parade atlet dan kontingen peserta PON XXI di Sumut-OIKN-

“Momen ini kita manfaatkan untuk sosialisasi bahwa IKN itu ada, dan terus berproses, sehingga bukan prestasi yang kita kejar, tapi adalah bagaimana mengenalkan IKN kepada 38 provinsi dan masyarakat Aceh maupun Sumatera Utara,” imbuh Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat, Alimuddin.

Menurut Menteri Basuki, IKN dibangun bukan hanya infrastruktur fisiknya saja, namun juga manusianya, salah satunya di bidang olahraga. "Nantinya, kita, Otorita IKN akan melakukan pembinaan secara baik untuk atlet-atlet, supaya bisa juara,” tegasnya.

BACA JUGA: Otorita IKN Tawarkan Lahan Investasi untuk Para Pelaku UMKM

 

Selain itu Menteri Basuki juga menyampaikan, bahwa saat ini IKN diundang sebagai peserta kehormatan, sehingga mendapat kesempatan berlaga di tingkat nasional. Tak lupa dirinya juga memberikan apresiasinya pada para atlet IKN yang telah bertanding, walaupun bukan semata-mata bertujuan untuk memperoleh medali. 

“Akan kita tingkatkan prestasinya,” ungkapnya soal prestasi untuk ajang PON di kemudian hari.

Pada PON XXI Aceh-Sumut 2024, Atlet IKN sudah mengantongi beberapa capaian, antara lain: 

  1. Kategori Optimis Layar Putra setara dengan medali perak;
  2. ⁠Kategori Optimis Layar Putri setara dengan medali perunggu;
  3. ⁠Cabor Akuatik/Renang Artistik urutan ke empat; 
  4. ⁠Cabor Akuatik/Renang 100 meter Gaya Punggung, 50 meter Gaya Punggung Kupu-kupu, dan 50 meter Gaya Punggung, masuk babak final dan berakhir di urutan ke tujuh dan delapan, melawan atlet nasional dan olimpiade;
  5. ⁠Cabor Akuatik/Renang 1.500 meter Gaya Bebas masuk babak final dan berada di urutan ke tujuh; dan
  6. ⁠Cabor Akuatik/Renang Perairan Terbuka 3.000 meter, memperoleh urutan ke lima nasional.
Kategori :