Piala Suhandinata 2024: Melesat ke Final! Indonesia Lolos dari Cengkraman Jepang

Jumat 04-10-2024,21:13 WIB
Reporter : Ragil Putri Irmalia
Editor : Ragil Putri Irmalia

Nanchang, Harian Disway – Indonesia lolos ke final Piala Suhandinata 2024. Ini menjadi kedua kalinya secara beruntun Tim Merah Putih melesat ke laga pamungkas. Hanya tinggal selangkah merengkuh Piala Suhandinata kembali ke tanah air.

 

Indonesia mendapat perlawanan ketat dari Jepang. Tidak ada jarak aman hingga akhir pertandingan. Indonesia menang tipis dari Jepang 110-105 di semifinal yang berlangsung pada Jumat, 4 Oktober 2024 di Nanchang International Sports Center Gymnasium.

 

“Sebagai kapten saya terharu karena melihat perjuangan mereka semua di lapangan. Bangga menjadi bagian dari tim yang benar-benar mau berjuang bersama,” kata Mutiara Ayu Puspitasari melalui Tim Humas dan Media PP PBSI.

 

Indonesia mendominasi setidaknya di tiga pertandingan awal. Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine dkk unggul 33-22. Sebelum paruh pertama berakhir, Jepang memberi perlawanan di dua partai berikutnya. Dexter Farrell/Wahyu Agung Prasetyo hampir terkejar oleh Renjiro Inagawa/Daichi Miura 55-51. 

 

“Di paruh pertama tadi kami tahu, secara pengalaman dan umur mereka masih di bawah kami. Jadi tadi sebisa mungkin langsung menekan dan tidak memberikan banyak poin untuk lawan,” kata Rinjani.

 

Paruh kedua berjalan lebih ketat dengan selisih di bawah lima poin. Di sisi lain, Indonesia selalu berhasil menjauh. Indonesia menutup perlawanan Jepang melalui kemenangan Mutiara Ayu Puspitasari 99-93 dan Anselmus Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan 110-105.

 

“Ada ketegangan saat masuk lapangan di paruh kedua. Lawan ini memang seumuran dengan kami dan poinnya sedang ketat. Tapi tadi kami coba mengontrol diri untuk menghilangkan ketegangan. Untung lawan juga banyak kesalahan,” imbuh Isyana.

 

Indonesia akan kembali berjumpa Tiongkok di babak final. Pertandingan final Indonesia vs Tiongkok ini menjadi yang kedua dalam tiga edisi terakhir. Kecuali pada edisi 2022 saat Indonesia tersingkir di semifinal.

Kategori :