Cara Aman Melakukan Factory Reset Pada Smartphone Sebelum Dijual

Senin 07-10-2024,12:41 WIB
Reporter : Guruh Dimas Nugraha
Editor : Guruh Dimas Nugraha

HARIAN DISWAY - Apakah Anda berencana untuk menjual atau menukarkan iPhone lama atau ponsel Android Anda? Pastikan untuk melakukan penghapusan data secara menyeluruh sebelum melepas perangkat tersebut.

Ponsel lama Anda mungkin menyimpan banyak data penting. Seperti foto dan pesan yang harus dicadangkan sebelum melakukan reset pabrik atau factory reset.

Reset pabrik akan menghapus semua data pribadi dan mengembalikan ponsel ke kondisi awal saat pertama kali dibuka.

BACA JUGA:Ini 7 Cara Ampuh Menghemat Baterai iPhone Agar Awet

Pentingnya Melakukan Factory Reset dengan Benar

Ada beberapa cara untuk menjual atau menukar ponsel lama. Tetapi sangat penting untuk melakukan factory reset dengan benar.

Ini bukan hanya soal melindungi data pribadi dari orang yang tidak diinginkan, tetapi juga mencegah masalah lebih lanjut.

Jika Anda tidak log out dan menghapus akun-akun Anda, Anda mungkin akan melewatkan pesan baru yang masuk. Atau dalam kasus ponsel Android, pembeli bisa terkunci karena fitur perlindungan reset pabrik (Factory Reset Protection).

BACA JUGA:Besok Preorder! iPhone 16 Resmi Meluncur, Ini Bocoran Harga dan Spesifikasinya


Cara Aman Melakukan Factory Reset Pada Smartphone Sebelum Dijual. Pastikan untuk mencadangkan semua data penting pada iPhone sebelum dijual atau diberikan pada orang lain.--apple.com

Cara Factory Reset iPhone

Sebelum Anda melakukan reset iPhone lama, pastikan untuk mencadangkan semua data penting. Gunakan fungsi backup di aplikasi-aplikasi tertentu seperti WhatsApp dan transfer kode otentikasi dari aplikasi seperti Google Authenticator.

Jika Anda memiliki Apple Watch, sebaiknya lepas pasangan (unpair) jam tersebut terlebih dahulu melalui aplikasi Watch di iPhone Anda.

BACA JUGA:Apple It's Glow Time, Munculkan iPhone 16 Hingga AirPods 4

Setelah itu, matikan iMessage di pengaturan untuk menghindari hilangnya pesan saat beralih ke Android. Jangan lupa juga untuk mengeluarkan kartu SIM dari iPhone Anda.

Kategori :