Jelang Pelantikan, Jokowi dan Prabowo Intensif Bertemu

Rabu 09-10-2024,14:32 WIB
Reporter : Cindy Berliana Wibowo*
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto sering bertemu menjelang pelantikan Prabowo sebagai presiden pada 20 Oktober 2024.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengungkapkan bahwa salah satu pertemuan terbaru keduanya berlangsung pada Selasa malam, 8 Oktober 2024, di restoran Hutan Kota Plataran, kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Pertemuan ini terjadi dalam suasana santai, disertai makan malam bersama.

Dasco menjelaskan bahwa kedua tokoh ini kerap berjumpa dalam berbagai kesempatan, baik formal maupun informal. Pertemuan tersebut berlangsung sekitar 2 jam.

Meski begitu, Dasco mengatakan ia tidak mengetahui secara rinci apa yang dibahas dalam pertemuan itu.

BACA JUGA:Gerindra Bantah Tudingan Isu Jokowi Cawe-cawe Pembentukan Kabinet Prabowo

BACA JUGA:Prabowo Peringkat 18 dari 500 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia 2025

Namun, ia memperkirakan salah satu fokus pembicaraan mereka adalah transisi pemerintahan, terutama terkait serah terima jabatan pada 20 Oktober.

Pertukaran informasi mengenai berbagai hal terkait proses transisi ini, menurut Dasco, menjadi hal yang wajar mengingat momen pelantikan semakin dekat.

Terkait isu pembentukan kabinet baru, Dasco menyebutkan bahwa ia tidak yakin apakah topik itu dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Namun, ia menekankan bahwa persiapan serah terima kekuasaan sudah dibahas sebelumnya.

Prabowo diperkirakan akan menandatangani dokumen-dokumen yang diperlukan sambil memonitor persiapan dan regulasi yang akan diimplementasikan setelah ia dilantik.

BACA JUGA:Rencana setelah Pelantikan Prabowo-Gibran, Jokowi: Pulang ke Solo, Mau Tidur

BACA JUGA:Jokowi dan Prabowo Diskusi Empat Mata di Hutan Kota Plataran, Ini yang Dibahas!

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menyatakan bahwa Jokowi dan Prabowo selalu menjalin komunikasi yang intens.

Menurutnya, Presiden Jokowi rutin berkomunikasi dengan Prabowo dalam berbagai forum, baik formal maupun informal, untuk memastikan transisi pemerintahan berjalan lancar.

Dalam pertemuan makan malam tersebut, Ari mengungkapkan bahwa mereka membahas sejumlah hal penting, terutama terkait keberlanjutan program-program pemerintahan yang telah berjalan dan akan diteruskan oleh Prabowo.

Pertemuan ini berlangsung 11 hari sebelum pelantikan Prabowo sebagai presiden. Selain itu, Prabowo juga direncanakan akan bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, sebelum pelantikannya.

Namun, waktu dan tempat pertemuan tersebut masih belum dipastikan.

Serangkaian pertemuan ini menunjukkan keseriusan Jokowi dan Prabowo dalam memastikan proses transisi pemerintahan berjalan dengan lancar, sambil menjaga komunikasi erat demi keberlanjutan program-program pembangunan yang telah dimulai di era pemerintahan Jokowi dan akan dilanjutkan di bawah kepemimpinan Prabowo.

*) Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Program MBKM  Magang Harian Disway.

Kategori :