Hari Santri 2024, Ini Logo, Tema, dan Theme Song yang Baru Saja Dirilis Menteri Agama

Kamis 10-10-2024,00:38 WIB
Reporter : Nungki Kusuma Sari
Editor : Tomy Gutomo

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Rangkaian peringatan Hari Santri 2024 sudah dimulai. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meluncurkan logo peringatan Hari Santri 2024 dengan mengusung tema Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan. Seremoni ini digelar di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu, 9 Oktober 2024. 

Selain logo dan tema, Gus Men –sapaan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas– juga meluncurkan theme song Hari Santri 2024. 

"Tahun ini kita mengusung tema Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan. Saya mengajak seluruh santri di Indonesia untuk bersama-sama terus berjuang untuk menuju masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

BACA JUGA:Kemenag Siap Gelar Religion Festival untuk Sambut Hari Santri 2024

BACA JUGA:Kemenag Gagas Peringatan Hari Santri 2024 dengan Tema Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan

Hari Santri diperingati setiap 22 Oktober sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2015. Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat peluncuran tema, logo, dan theme song Hari Santri 2024. -Raka Denny-Harian Disway-

Hari Santri merujuk pada peristiwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. Resolusi ini berisi seruan kewajiban berjihad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan melawan pasukan penjajah, hingga memuncak pada perlawanan 10 November 1945, yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Semangat juang yang dimiliki para santri pada masa itu, menurut Gus Men, masih sangat relevan untuk diteladani pada masa kini.  Bedanya, bila dulu para santri berjuang melawan penjajah, saat ini santri harus mampu menaklukkan tantangan zaman. 

"Hari ini kita berkumpul di sini, menyelaraskan kembali hati dan barisan kita untuk berbakti pada negeri. Santri harus dapat memberikan kontribusi bagi masa depan negeri ini,” kaya Yaqut. 

Makna dan Filosofi Logo

Logo Hari Santri 2024 tampak seperti dua tali yang saling melilit dengan kombinasi warna hijau pine dan emas. Di bagian atasnya terdapat lingkaran dengan warna merah. Jika diperhatikan, dua tali yang saling melilit tersebut membentuk siluet santri yang sedang berlari. Bila kedua tali dilihat terpisah, akan membentuk huruf ”S” dan ”i” yang menjadi simbol Santri Indonesia. 

Simbol santri berlari dengan mengangkat tangan melambangkan semangat juang yang tak kenal lelah. Gerakan berlari mengindikasikan progress dan dinamika. Sedangkan tangan yang terangkat melambangkan harapan, optimism, serta tekad untuk mencapai masa depan yang lebih baik. 

Ini juga bisa diartikan sebagai usaha kolektif untuk bangkit bersama, sejalan dengan semangat Hari Santri yang mengedepankan perjuangan, kerja sama, dan tekad yang kuat. 

BACA JUGA:Kemenag Sukses Perbaiki Tata Kelola Birokrasi, Diganjar Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2024

Kategori :