Prabowo Subianto Resmi Dilantik Sebagai Presiden ke-8 RI

Minggu 20-10-2024,11:19 WIB
Reporter : Della Aulia*
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Prabowo Subainto akan resmi dilantik menjadi presiden ke-8 RI periode 2024-2029 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta pada hari ini Minggu, 20 Oktober 2024.

Terlihat presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden Gibran Rakabuming Raka memasuki ruangan Sidang Paripurna MPR.

Setelahnya, segenap jajaran pemerintahan, anggota parlemen, maupun tamu undangan mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.

Kemudian ketua MPR, Ahmad Muzani membuka acara tersebut dengan menyebutkan sederet tokoh yang hadir dalam acara tersebut.

Seperti Joko Widodo, Susilo bambang Yudhoyono, Anies baswedan, Ganjar Pranowo, utusan perwakilan dari negara-negara, para media pers dan sebagainnya.

"Sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) secara resmi kami buka dan dinyatakan terbuka untuk umum," ujar ketua MPR disusul dengan ketukan palu. 

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Resmi Jadi Presiden-Wakil Presiden RI

BACA JUGA:Prabowo Berenang Dulu Sebelum Pelantikan, Mahfud MD Izin Tidak Hadir

"Sebelum memulai jabatannya, presiden dan wakil presiden terpilih mengucapkan sumpah atau janji sesuai dengan amanat pasal 9 ayat 1 Undang-undang Dasar 1945 yang menyatakan sebelum memangku jabatannya presiden dan wakil presiden bersumpah menurut agama atau berjanji dengan sungguh-sungguh dihadapan MPR," lanjut Ahmad Muzani.

Setelahnya diadakan pembacaan keputusan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mochammad Afifuddin, mengenai penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih dalam pemilihan umum pada tahun 2024. 

Setelah itu, agenda diteruskan dengan pengucapan sumpah presiden dan wakil presiden RI. 

"Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya. Serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Presiden Prabowo.

BACA JUGA: Momen Haru Jokowi Meninggalkan Istana Negara, Diiringi Sorakan Terima Kasih

BACA JUGA: Prabowo Sudah Tiba di Gedung DPR/MPR RI, Langsung Sambut Para Tamu Negara

Dilanjut dengan pengucapan sumpah dari Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. 

Kategori :