Hari Santri 2024, Khofifah Serukan Santri Jadi Garda Moral dan Penggerak Inovasi

Selasa 22-10-2024,13:21 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Mohamad Nur Khotib

Bahkan, imbuh Khofifah, dengan perkembangan global yang cepat, santri perlu memiliki keterampilan yang relevan serta mampu memanfaatkan inovasi teknologi.

Sehingga bisa berkontribusi dalam menciptakan solusi untuk masalah global, seperti perubahan iklim dan ketidaksetaraan sosial.

Khofifah berharap agar santri tidak hanya menjadi agen perubahan. Tetapi juga inisiator yang aktif dalam menciptakan perubahan di masyarakat. Itu menjadi bagian penting dari peran santri dalam mewujudkan cita-cita bangsa. 

BACA JUGA:Khofifah Ajak Guru RA Jaga Tradisi Menulis Generasi Alfa di Era AI

Tantangan global seperti disrupsi digital dan perubahan teknologi mengharuskan santri untuk menguasai pengetahuan modern, termasuk teknologi informasi, kecerdasan buatan, dan sains. 

Menurut Khofifah, penguasaan ilmu ini penting agar mereka bisa bersaing di era globalisasi dan turut berinovasi dalam bidang-bidang yang memajukan masyarakat​.

Para santri harus terus mengembangkan diri untuk bersiap mengambil peran membangun negeri dan berkontribusi pada peradaban.

"Jadi saya mengajak para santri untuk terus berjuang dengan semangat intelektualitas  dan religiusitas di era transformasi digital,” tandasnya. (*)

Kategori :