Menteri dan Pejabat Eselon Satu Akan Pakai Maung Sebagai Kendaraan Dinas, Dukung Pertumbuhan Produk Lokal

Senin 28-10-2024,16:01 WIB
Reporter : Cindy Berliana Wibowo*
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Wakil Menteri Keuangan Anggito Abimanyu menyampaikan bahwa mulai minggu depan, dirinya, bersama para menteri dan pejabat eselon I lainnya, akan beralih menggunakan kendaraan dinas Maung yang diproduksi oleh Pindad.

Langkah ini merupakan instruksi langsung dari Presiden Prabowo Subianto, yang menginginkan agar mobil dinas eselon I dan menteri hanya menggunakan produk lokal.

"Minggu depan saya akan pakai mobil Maung itu, mobil Pindad. Karena Pak Prabowo sudah bilang, minggu depan tidak ada lagi barang impor untuk mobil eselon I dan menteri," ungkap Anggito saat berbicara di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Senin, 28 Oktober 2024.

BACA JUGA:Antusias Warga Sambut Prabowo dan Menhan Sjafrie Naik Maung Usai Serah Terima Jabatan

Saat ini, Anggito masih menggunakan mobil dinas keluaran pabrikan Toyota, yakni Alphard.

Namun, ia menegaskan bahwa kendaraan itu hanya sekadar fasilitas kerja.

"Saya juga enggak euforia, bapak, ibu, sekalian. Saya pakai Alphard kok sekarang, tapi biasa saja. Enggak usah 'wah hebat', itu milik negara," ujar Anggito, merujuk pada mobil dinasnya saat ini.

BACA JUGA:Prabowo Gunakan Mobil Nasional Maung Buatan Anak Negeri

Lebih lanjut, Anggito menjelaskan bahwa Maung Pindad memiliki komponen lokal yang cukup tinggi, sekitar 70 persen.

"Nanti kalau mau lihat Maung, kemarin Profesor Sigit dari ITB, Direktur Utama Pindad, menyampaikan bahwa dia merancang mobil Indonesia, 70 persen itu produk dalam negeri," katanya, menekankan pentingnya kemandirian dalam produksi kendaraan.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose, juga menyatakan kebanggaannya karena Presiden Prabowo memilih Maung Garuda atau MV3 Garuda Limousine sebagai kendaraan resmi menuju Istana Kepresidenan Jakarta pasca pelantikan pada Minggu, 20 Oktober 2024.

BACA JUGA:Momen Jokowi dan Prabowo Bersanding Naik Jip Pindad Cek Pasukan Apel Pengamanan Pelantikan Presiden-Wapres

"Tentunya kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, MV3 Garuda Limousine, karya anak bangsa, digunakan dalam momentum bersejarah dan dipercaya oleh Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto," ungkap Abraham dalam sebuah pernyataan tertulis.

Abraham mengapresiasi komitmen Presiden untuk mendukung produk lokal, termasuk produk buatan Pindad, dan mendorong peningkatan kualitasnya agar semakin kompetitif.

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit P Santosa, juga menyebut bahwa Prabowo berperan besar dalam pengembangan kendaraan MV3 Garuda Limousine.

Kategori :