HARIAN DISWAY- BRILink adalah inovasi perbankan yang diciptakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk memudahkan akses layanan perbankan bagi masyarakat, terutama di daerah terpencil atau yang jauh dari kantor cabang.
Manfaat kehadiran BRILink sangat dirasakan oleh masyarakat sekitar. Contohnya, Dwi, seorang warga Desa Tanjung Raja di Kecamatan Tanjung Raja Ogan Ilir, mengaku sering menggunakan layanan transaksi melalui BRILink.
"Karena agen BRI Link mudah di jangkau. Kadang di warung-warung atau di konter HP banyak menyediakan layanan BRI link. Jadi cukup memudahkanlah untuk mendekatkan layanan bank dengan nasabah," ungkap Dwi.
BACA JUGA: Kini Membeli Token Listrik Lewat Aplikasi BRImo Makin Lebih Praktis
Melalui program ini, BRI menjalin kerja sama dengan agen lokal yang dikenal sebagai Agen BRILink. Agen-agen ini mampu melayani berbagai transaksi perbankan secara real-time dengan menggunakan fitur EDC miniATM BRI atau BRILink Mobile.
Agen BRILink menawarkan sejumlah layanan, antara lain transfer uang, penarikan tunai, pembayaran tagihan, dan pembelian pulsa.
"Tidak banyak ATM kalau di desa-desa ini, lain dengan BRIlink ini bisa hadir sampai ke pelosok desa. Masyarakat jadi mudah menjangkau," sebutnya.
BACA JUGA: BRI Cetak Laba Rp 45,36 Triliun Berkat Perkuat Fundamental Kinerja
Program BRILink bertujuan untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan membawa layanan perbankan lebih dekat ke masyarakat yang sebelumnya sulit dijangkau oleh layanan perbankan konvensional.
"Jadi tidak harus repot cari bank atau ATM yang jauh dari desa. Cukup dari BRI link saja sudah sangat membantu untuk tarik tunai maupun transfer," tukasnya.
Harapannya, dengan hadirnya BRI link makin lengkap memberikan pelayanan yang sama dengan di bank. Serta menyebarkan banyak agen BRI link di beberapa desa-desa lainnya. (*)
*) Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura, Peserta MBKM Harian Disway