HARIAN DISWAY - Keingingin PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) dalam memberikan pelayanan kepada umat Islam yang berlebaran khususnya para pemudik selama Idulfitri 2025 kali ini berjalan dengan baik.
Terbukti, Posko Mudik BUMN yang digelar oleh SGN benar-benar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara maksimal. Seperti yang tampak di Posko Mudik BUMN yang didirikan di Stasiun Gubeng Surabaya.
Khususnya selama pelayanan yang digeber sejak 27 Maret 2025, respons yang ditunjukkan para pengunjung, yang kebanyakan adalah penumpang kereta api, sangatlah besar. Terutama pada 5 April 2025 sampai 8 April 2025 lalu atau selama 4 hari itu.
BACA JUGA: Dukung Pemudik Sehat dan Selamat, SGN Dirikan Posko Mudik BUMN 2025 di Dua Tempat
Maklum, pada hari-hari itu adalah saatnya saat arus balik. Lalu-lintas pengunjung yang lalu lalang kembali dari daerah masing-masing melalui Stasiun Gubeng membuat kesibukan Pos Mudik BUMN itu meningkat dari hari-hari biasanya.
Antusiasme masyarakat itu dibenarkan oleh Sekretaris Perusahaan PT SGN Yunianta. Ia menjelaskan bahwa kehadiran posko mudik BUMN oleh SGN ini tidak hanya diakses saat arus mudik tapi juga saat arus balik setelah Lebaran.
Namun selama arus balik, masyarakat yang berada di Stasiun Gubeng Surabaya cukup antusias untuk datang ke area posko. Hal itu juga diakui oleh salah satu petugas dari SGN yang sedang bertugas.
Salah seorang pengunjung Posko Mudik BUMN oleh PT SGN. Saat arus balik terutama sejak Sabtu, 5 April 2025, pengunjung posko lumayan ramai, kebanyakan ingin memeriksakan kesehatannya. --PT SGN
BACA JUGA: Pemberdayaan Masyarakat Berhasil, PT SGN: Komitmen dan Sinergi Adalah Kuncinya
"Saat arus balik terutama sejak Sabtu, 5 April 2025, pengunjung posko lumayan ramai. Ada yang ingin memeriksakan kesehatannya tapi ada juga yang bertanya soal SGN," kata seorang petugas SGN yang bertugas di bagian meja customer service.
Pengunjung lainnya ada yang mengeluhkan masuk angin dan meminta obat. Mereka yang melakukan pemeriksaan ringan dilayani di meja sisi lainnya oleh petugas dari Indonesian Healthcare Corporation (IHC), holding rumah sakit BUMN.
"Ada yang minta periksa tekanan darah, dan ada yang konsultasi ringan soal nyeri kaki dan sakit kepala. Mereka tanpa sungkan untuk menyampaikan keluhannya sejauh kita dapat membantu, semua kami layani dengan baik," ungkap petugas IHC.
BACA JUGA: Dukung Kelancaran Arus Balik, BRI Dirikan Posko Mudik di Bandara dan Rest Area
Beberapa pengunjung yang masih punya cukup waktu berada di Stasiun Gubeng Surabaya banyak yang datang ke posko untuk memanfaatkan layanannya. Seperti yang dilakukan Eri Marta yang hendak naik kereta api Sancaka menuju ke Yogyakarta.
Kebetulan ada waktu menunggu jadwal kereta ke kota tujuan selama sekitar satu jam. Ia pun lantas mampir ke posko untuk memeriksa tekanan darahnya. "Alhamdulillah normal sehingga tenang deh di perjalanan nanti," katanya.
Selain memuji layanan petugas posko yang sangat ramah, Eri juga memuji keberadaan KAI khususnya di Stasiun Gubeng yang dinilainya strategis karena calon penumpang tidak perlu berjalan jauh untuk menuju pintu masuk menuju ruang tunggu.