SURABAYA, HARIAN DISWAY - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, JW Marriott Surabaya menghadirkan kuliner istimewa khas Turki. Mengusung tema Taste of Istanbul: Sultan’s Feast, memadukan cita rasa Istanbul dan kehangatan Surabaya sebagai sajian buka puasa.
Tema itu dipilih berdasarkan perjalanan dan pengalaman Executive Chef JW Marriott Surabaya Rio Abednego. Untuk menciptakan pengalaman iftar layaknya hidangan kerajaan Ottoman, Chef Rio sapaan akrabnya, melakukan perjalanan kuliner ke Turki.
Di sana, ia berguru pada ahli kuliner terkemuka Istanbul. Mempelajari seni meracik rempah, memanggang daging perlahan, dan membuat pastry.
BACA JUGA:10 Cara Mencegah Asam Urat Kambuh saat Salat Tarawih selama Ramadan, Ibadah Jadi Lebih Khusyuk
BACA JUGA:Tarhib Ramadan, Berbagai Aktivitas Sosial Seru Yang Bisa Dilakukan Menyambut Bulan Suci, Apa Saja?
Executive Chef JW Marriott Surabaya Rio Abednego tawarkan pengalaman buka puasa dengan menu khas Turki-JW Marriott Surabaya-
“Ini bukan sekadar meniru resep. Tapi tentang menghadirkan jiwa keramahan Turki,” ujar Chef Rio. “Di Istanbul, setiap hidangan adalah ritual berbagi. Semangat itu yang coba kami hadirkan di setiap sajian di Pavilion Restaurant," tambahnya.
Chef Rio dengan melanjutkan cerita perjalanan kulinernya selama berada di Turki. Mulai dari menyusuri pasar ramai dan dapur pesisir Marmara.
Di sana, laki-laki kelahiran Jakarta itu belajar banyak tentang keseimbangan rasa. Seperti menyeimbangkan rasa pedas urfa biber (cabai) dan aroma bunga pul biber (lada) dalam hidangan kebab.
BACA JUGA:6 Tip Berpuasa Sehat dan Aman saat Ramadan untuk Penderita Maag dan GERD, Gangguan Lambung Minggat!
BACA JUGA:3 Festival Musik Sambut Ramadan, Dari KapanLagi Buka Bareng BRI hingga Big Bang Ramadan
Untuk membawa cita rasa asli Turki ke Surabaya, ia juga mencari tahu rahasia lapisan tipis baklava dari Karaköy Güllüoğlu, salah satu toko kue legendaris Istanbul yang berusia 200 tahun.
Pengalaman itu membawanya melihat proses pembuatan testi kebab. Yakni hidangan khas Cappadocia yang dimasak perlahan dalam pot tanah liat.
Director of Marketing Communications JW Marriott Surabaya Sesandy Gunawan menjelaskan, "Ramadan adalah waktu menghormati tradisi sekaligus merangkul kebersamaan. Melalui Taste of Istanbul, kami tak hanya menyajikan makanan. Tapi mengajak masyarakat Surabaya merasakan kehangatan misafirperverlik (keramahan) Turki di rumah sendiri."
JW Marriott Surabaya hadirkan beragam jenis makanan penutup khas Turki-JW Marriott Surabaya-