BRI Dukung UMKM Go Global, Restu Mande Sukses Tembus Pasar Internasional

Rabu 09-07-2025,20:50 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menunjukkan komitmen kuatnya dalam membantu pelaku UMKM di Indonesia untuk naik kelas hingga mampu bersaing di pasar internasional.

Salah satu contoh nyata keberhasilan program pemberdayaan BRI adalah Restu Mande, brand kuliner asal Bandung yang sukses mencuri perhatian di ajang FHA Food & Beverage 2025 di Singapura pada 8–11 April 2025.

Restu Mande berhasil memperkenalkan produk rendang dan bumbu instan khas Minang kepada pasar global, sekaligus menjalin kerja sama distribusi dengan Toko Indo di Lucky Plaza, Singapura, serta menarik minat buyer dari Thailand. Ini menjadi langkah penting bagi brand kuliner tersebut untuk memperluas ekspor ke Asia Tenggara.

Perjalanan Panjang Menuju Pasar Global

Berawal dari rumah makan sederhana di Bandung yang didirikan oleh Nenden Rospiani pada tahun 2004, Restu Mande berkembang menjadi produsen makanan siap saji dengan teknologi retort dan vacuum packaging sejak 2012.

BACA JUGA:BRI Salurkan BSU Rp 1,72 Triliun untuk 2,8 Juta Pekerja, Dorong Daya Beli dan Pemulihan Ekonomi Nasional

BACA JUGA:BRI Capai Rp 89,9 Triliun dalam Green Financing 2025, Dukung Pembangunan Berkelanjutan

Kini, Restu Mande menawarkan lebih dari 30 varian produk seperti Rendang Daging Sapi, Rendang Ayam, hingga berbagai bumbu masak instan khas Minang.

Yang membanggakan, semua produk Restu Mande dibuat tanpa bahan pengawet, memiliki masa simpan hingga 12 bulan, dan telah tersertifikasi Halal, BPOM, HACCP, serta SNI.

Produk ini tidak hanya digemari oleh masyarakat lokal, tetapi juga menjadi favorit diaspora Indonesia di luar negeri dan bahkan dipasarkan secara rutin ke Singapura, Prancis, dan Uni Emirat Arab.

Pemberdayaan Perempuan dan Pelestarian Budaya Kuliner

Selain fokus pada pertumbuhan bisnis, Restu Mande turut memberdayakan perempuan di desa Cibiru Wetan, Bandung Timur.

Proses produksi yang melibatkan tangan-tangan lokal ini tak hanya menjaga orisinalitas rasa, tetapi juga mendukung pelestarian kuliner tradisional sekaligus meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat.

“Kami percaya bahwa kuliner bukan sekadar makanan, tapi juga cerita budaya yang harus dilestarikan,” ujar Utami Ichda, Marketing and Branding Director Restu Mande.

BACA JUGA:BRI Luncurkan BRIvolution Initiatives Phase 1, Siap Akselerasi Transformasi Berkelanjutan

BACA JUGA:BRI Salurkan Rp 86,56 T untuk Pembiayaan Hijau di 2024, Dukung Capaian SDGs

Sinergi BRI dan UMKM Wujudkan Impian Global

Keikutsertaan Restu Mande di FHA Food & Beverage 2025 merupakan hasil dari pendampingan intensif yang diberikan oleh BRI sejak 2020 melalui program Inkubator Bisnis BRI untuk UMKM. Program ini memberikan akses pembiayaan, pelatihan manajemen bisnis, pembinaan ekspor, hingga fasilitasi untuk mengikuti berbagai pameran bergengsi, seperti BRI UMKM EXPO(RT), Indonesia Trade Mission to Singapore 2023, hingga FHA 2025.

Kategori :