Gandeng PT Inka, Pemprov Kalteng Bangun Jalur Kereta

Gandeng PT Inka, Pemprov Kalteng Bangun Jalur Kereta

Pejabat PT INKA memperlihatkan nota kerjasama dengan Pemprov Kalteng. -Humas PT INKA-

KERJA SAMA PT Inka (Persero) dengan pemerintah daerah terus berlanjut. Setelah sehari sebelumnya menggandeng Pemkot Pagar Alam untuk pengembangan kereta gantung, PT Inka (Persero) kembali menandatangani kesepakatan bersama dengan Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng) tentang rencana penyelenggaraan proyek perkeretaapian  di Kalimantan Tengah. Penandantanganan ittu dilakukan secara daring pada Rabu, 27 April 2022.

Direktur Utama PT Inka Budi Noviantoro menjelaskan, kesepakatan bersama itu adalah bentuk respons yang baik dari pihak Pemprov Kalteng untuk pembangunan jalur kereta api di wilayah Kalteng.

”Terima kasih PT Inka, sudah mendapatkan respons yang baik dari Pemprov Kalteng dengan adanya pelaksanaan penandatanganan MoU untuk pembangunan jalur kereta api dari Purukcahung sampai ke Batanjung,” jelas Budi.

Menurutnya, tim PT Inka akan memerlukan bantuan dari seluruh elemen pemprov. ”Mulai Pak Gubernur, Pak Wagub dan Pak Sekda, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas PU, hingga Kepala Dinas Perhubungan karena di Kalimantan Tengah ini kondisi tanahnya sebagian masih berupa gambut. Nanti mohon bantuan karena ini baru jalur alternatif dan kami sudah membuat kajian awal dengan asumsi-asumsi yang kita belum tahu detail-detail kondisinya,” ungkap Budi.

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo juga mengatakan, pihaknya menyambut baik inisiasi yang dilakukan PT Inka dalam membantu dan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk melakukan kajian rencana penyelenggaraan proyek perkeretaapian di Kalteng sebagaimana ditegaskan dalam rencana tata ruang dan wilayah Kalteng. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: