Pengunjung KBS Melonjak, Protokol Kesehatan Diawasi

Pengunjung KBS Melonjak,  Protokol Kesehatan Diawasi

KAPOLDA Jatim Irjen Pol Nico Afinta menyapa pengunjung Kebun Binatang Surabaya kemarin. Perwira tinggi dengan dua bintang itu memastikan warga menerapkan protokol kesehatan.-Michael Fredy Yacob-

SURABAYA, DISWAY.ID- Kebun Binatang Surabaya (KBS) menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Pahlawan. Setiap libur panjang, tempat itu pasti dipadati pengunjung. Salah satunya pada libur Idulfitri 1443 Hijriah. Hari kedua Lebaran kemarin, masyarakat tumpah ruah di KBS.

Bukan hanya warga ibu kota Jawa Timur yang berkunjung ke KBS. Warga dari beberapa kota lain pun mendatangi tempat itu. Salah satunya Susi Andriani. Setiap Idulfitri, dia bersama keluarga pasti datang ke kebun binatang itu. Di setiap hari kedua Idulfitri.

”Pasti ke sini. Saya tinggal di Sidoarjo. Rutinitas keluarga kami. Setiap Lebaran kami pasti datang ke sini. Kebetulan keluarga saya rumahnya dekat dari sini. Jadi, kami ramai-ramai sekeluarga wisata ke sini,” kata perempuan berusia 26 tahun itu saat ditemui di KBS Selasa (3/5).

Humas KBS Agus Supangkat mengungkapkan, kenaikan pengunjung terjadi sangat drastis di KBS. Hari pertama Idulfitri, ada 3.345 pengunjung. Hari kedua, lonjakan terjadi hampir tiga kali lipat. Jumlahnya 9.897 orang

Hingga pukul 10.00 saja, pengunjung sudah menyentuh angkat 3.000 orang. Padahal, KBS baru buka pukul 08.00. ”Dari tahun ke tahun, puncak kunjungan terjadi pasti hari kedua Lebaran,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi kerumunan di dalam KBS, pihaknya telah menyiapkan petugas mandiri yang dibantu pihak kepolisian, satpol PP, dan BPBD Jawa Timur. Mereka akan berpatroli keliling KBS. Juga, akan menegur masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

”Prokes selalu jadi perhatian kami. Selain ada 80 orang yang tergabung dalam satgas mandiri KBS, juga dibantu rekan-rekan dari kepolisian dan stakeholder yang ada,” ungkapnya.

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta juga sempat memastikan hal tersebut. Kemarin perwira tinggi dengan dua bintang di tongkat komandonya itu mendatangi KBS. Ia ingin melihat kepadatan yang terjadi di kebun binatang tersebut. Ia juga ingin memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat saat merayakan libur Lebaran.

Nico sempat berinteraksi dengan pengunjung sambil membagikan masker. Sembari memberikan imbauan agar tetap melaksanakan protokol kesehatan. Bahkan, ia mengingatkan pengunjung untuk menjalani vaksin jika masih ada yang belum vaksin.

Selain pengawasan prokes, Polda Jatim menempatkan personel untuk mengatur arus lalu lintas. Juga, menjaga keamanan pengunjung selama berlibur di tempat wisata di Surabaya. ”Selain KBS, banyak tempat berlibur di Surabaya yang kami tempatkan anggota. Untuk berjaga dan mengatur lalu lintas agar masyarakat tetap aman dan nyaman,” paparnya. (Michael Fredy Yacob)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: