Khofifah Ingin Jatim Jadi Motor Kebangkitan Nasional

Khofifah Ingin Jatim Jadi Motor Kebangkitan Nasional

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menabur bunga di makam Dr Soetomo, Soetomo di Surabaya, Jawa Timur, Jumat 20 Mei 2022. Kegiatan untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh setiap tanggal 20 Mei. Dalam kegiatan ini dimanfaatkan u-Julian Romadhon-

SURABAYA, DISWAY.ID – Tema utama yang diusung dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-144 tahun ini berbeda. Tidak lagi soal pandemi Covid-19. Melainkan tentang bagaimana Jawa Timur menjadi bagian dari motor pemulihan ekonomi dunia.

 

Itu disampaikan langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Bahwa Jatim juga harus menjadi pusat spirit kebangkitan. Mengingat persemayaman terakhir tokoh utama kebangkitan nasional dr Soetomo ada di Surabaya.

 

“Dan tentu kita berharap bahwa Jawa Timur akan menjadi motor dari berbagai kebangkitan secara nasional,” ujarnya saat upacara di lapangan Gedung Negara Grahadi, Jumat, 20 Mei 2022. Maka perumusan misi Optimis Jatim Bangkit menjadi selaras dengan pada pemulihan ekonomi nasional.

 

Mantan menteri sosial itu juga melanjutkan tradisi setiap 20 Mei. Yakni berziarah ke makam dr Soetomo di kompleks Galeri Nasional Indonesia (GNI), Jalan Raya Bubutan, Surabaya. Harapannya, dia mampu menerjemahkan perjuangan tokoh pendiri Budi Utomo itu terhadap era kekinian.

 

Misalnya, inisiasi Dr Soetomo dengan berbagai kerangka intelektualitas hingga kultural. Syukur-syukur bisa menyentuh semua sektor. Apalagi, kata Khofifah, momentumnya bertepatan dengan Indonesia yang didapuk sebagai Presidensi G-20.

 

Dia menyebut ada tiga prioritas tiga yang ingin diusung Indonesia. Sebagai pesan besar yang dikirim ke dunia. “Pertama, mengusung reformasi arsitektur-arsitektur kesehatan dunia secara inklusif. Kedua, transformasi digital. Dan ketiga, penerapan renewable energy,” tandasnya. (Mohamad Nur Khotib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: