Target Tiga Besar di SEA Games Tercapai

Target Tiga Besar di SEA Games Tercapai

KEMERIAHAN upacara penutupan SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, Senin malam, 23 Mei 2022.-TANG CHHIN Sothy / AFP-

HANOI, DISWAY.ID -- SEA Games 2021 resmi ditutup semalam. Indonesia menempati urutan ketiga perolehan medali. Mengumpulkan 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu. Juara umum diraih oleh tuan rumah Vietnam. Lalu Thailand di posisi kedua.

Pada edisi kali ini, Indonesia memang tidak terlalu banyak mengirim atlet. Mereka hanya mengirim 476 atlet dari 31 cabor. Sebelum menentukan jumlah itu, Kemenpora membentuk tim review untuk menentukan kuota cabor dan nomor pertandingan.

Ada yang melebihi target, ada pula yang gagal. Panahan, menembak, dan voli menjadi juara umum. Sedangkan cabor yang jeblok seperti atletik, renang, dan pencak silat. Adapun kejutan terjadi di bola basket saat tim putra meraih emas pertama SEA Games.

Jumlah kontingen Indonesia ini menurun 43,3 persen dibanding SEA Games 2019 di Filipan. Saat itu Indonesia mengirim 841 atlet dari 52 cabor. Hasilnya Indonesia menduduki posisi keempat dengan 92 emas, 101 perak, dan 134 perunggu. (*)


TARIAN khas Vietnam yang dibawakan empat gadis ikut memeriahkan closing ceremony SEA Games 2021.-TANG CHHIN Sothy / AFP-

Sumber: